Cara Merawat Kelinci di Rumah dengan Mudah

Kelinci merupakan salah satu binatang peliharaan menggemaskan yang digemari masyarakat selain kucing dan anjing. Memiliki bulu tebal dan lucu, tidak heran kalau kelinci populer menjadi binatang peliharaan semua kalangan usia. Nah, ada sejumlah cara merawat kelinci yang patut Anda perhatikan nih

Tips merawat kelinci bisa dibilang susah-susah gampang. Hewan imut ini rentan stres dan drop, terutama soal makanan, kandang atau kelinci lain bila Anda memiliki lebih dari 1 kelinci. Yuk catat cara-cara berikut ini supaya kelinci kesayangan Anda sehat dan panjang umur! 

Cara Merawat Kelinci :

Pilih Makanan yang Tepat

Sumber foto Unsplash

Kelinci membutuhkan makanan, minuman, dan camilan yang bergizi untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Hewan ini membutuhkan makanan jerami untuk membantu pencernaan, serta makanan dalam bentuk sayuran. Makanan yang baik untuk kelinci adalah pelet khusus kelinci, sayuran berdaun hijau, dan beberapa jenis buah-buahan. 

Lihat Juga: Daftar Perumahan Bumi Karang Indah Termurah

Jangan Gunakan Kandang yang Sempit

Sumber foto Unsplash

Kebanyakan orang memelihara kelinci mereka di dalam kandang, tetapi hanya sedikit yang tahu ukuran kandang yang tepat. Padahal, pemilihan ukuran kandang sendiri merupakan cara penting dalam merawat kelinci. Ukuran kandang kelinci tidak boleh terlalu kecil agar ia tetap nyaman bermain dan melompat-lompat di dalam kandang. Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan kandang yang berukuran minimal 5 kali ukuran kelinci peliharaan Anda. 

Sediakan Mainan sebagai Salah Satu Cara Merawat Kelinci Agar Tidak Stres

Sumber foto Unsplash

Tawarkan kelinci Anda mainan yang aman untuk dikunyah dalam bentuk karton atau benda lain, tetapi jangan samoai itu menyakitinya. Sama seperti kucing yang suka mencakar, kelinci juga suka menggigit. Oleh karena itu, disediakan mainan untuk kelinci menggigit. 

Pelihara Lebih dari 1 Kelinci

Sumber foto Unsplash

Kelinci merupakan hewan sosial, jadi mereka membutuhkan teman untuk bergaul dan melakukan aktivitas bersama. Jika Anda ingin memelihara kelinci, setidaknya Anda memiliki beberapa kelinci sekaligus dan memiliki umur yang sama. Inilah salah satu langkah merawat kelinci yang tepat agar kelinci tidak stres. Anda juga dapat memberi waktu keluar kadang untuk kelinci berkeliaran setidaknya 1 – 2 jam, namun pastikan tetap dalam pengawasan ya

Sterilisasi (Kebiri)

Sumber foto iStock

Tidak hanya kucing dan anjing yang perlu disterilisasi atau kebiri. Kebiri memiliki manfaat yang sama untuk kelinci. Mengebiri kelinci dapat mencegah tumor ganas yang sering menyerang kelinci, adenokarsinoma uteri. Kanker ini menyerang sekitar 80 persen kelinci betina yang tidak dikebiri. Kanker ini dapat dengan cepat menyebar ke organ lain, menyebabkan kematian. Kelinci umur 4 sampai 6 bulan boleh dikebiri.

Siapkan Litter Box

Sumber foto Pinterest

Kelinci memiliki kebiasaan buang air besar dan kecil di tempat yang sama. Tempatkan kotak pasir atau litter box di tempat kelinci Anda biasanya buang air kecil atau besar. Biasakan untuk membersihkan litter box kelinci, agar bau menyengat tidak ada di rumah Anda.

Jauhkan dari Kabel Listrik

Sumber foto Pinterest

Kelinci suka menggigit, jadi Anda harus berhati-hati dengan kabel listrik atau kabel peralatan listrik. Jangan biarkan kelinci menggigit kabel listrik untuk menghindari sengatan listrik atau kerusakan kabel peralatan elektronik. Atau kelinci menggigit Anda atau barang milik anggota keluarga lainnya. 

Cara Merawat Kelinci : Jaga Kesehatannya

Sumber foto Unsplash

Hewan peliharaan harus sehat setiap saat. Anda dapat membawa kelinci Anda ke dokter hewan untuk diperiksa. Mungkin kelinci peliharaan Anda memiliki masalah bulu, pencernaan, atau lainnya. Anda bisa memandikan kelinci Anda seperti kucing, tapi yang pasti jangan terlalu sering. Rangkaian kegiatan ini bisa menjadi cara untuk fokus merawat kelinci Anda di rumah dan menjaga kelinci Anda tetap sehat selamanya. Mungkin Anda berpikir bahwa salah satu cara merawat kelinci yang terbaik adalah dengan mengelus kepalanya secara rutin karena akan membuatnya senang dan merasa dicintai. Namun, sebaliknya, itu bisa membuat kelinci stres.

Lihat Juga: Daftar Perumahan Golf Lake Residence Termurah