Inilah Cara Menyimpan Uang di Rumah Agar Aman

cara menyimpan uang di rumah agar aman
Ilustrasi foto: Pixabay

Cara menyimpan uang di rumah agar aman.

Zaman sudah modern. Untuk menyimpan uang, sebaiknya adalah di bank. Tetapi sebagian orang tidak percaya untuk menyimpan uangnya di sana. Mereka lebih percaya menyimpannya di rumah. Tidak sedikit, nominal yang disimpan mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta.

Nah yang menjadi pertanyaan adalah apakah aman menyimpannya di dalam rumah? Kalau menaruhnya sembarangan, kejadian yang tidak diinginkan mungkin saja terjadi. Dan kalau terjadi, kerugian akan menimpa Anda.

Supaya hal buruk tadi tidak terjadi, berikut ini adalah tips cara menyimpan uang di rumah agar aman:

Jangan Menaruh Semua Uang Di Satu Tempat

Cara menyimpan uang di rumah agar aman pertama adalah jangan menaruh semua uang di satu tempat. Misal Anda memiliki uang sebesar Rp 10 juta, pecah per Rp 2 juta dan letakkan di lima tempat aman sehingga kalau hal buruk terjadi, Anda masih memiliki simpanan di tempat lain.

Gunakan Plastik Khusus Uang

Sebelum menempatkannya di tempat rahasia, pastikan uang-uang ini sudah dilapisi plastik khusus uang, ya. Plastik ini berbeda dengan plastik biasa. Kalau Anda menggunakan plastik biasa, plastiknya akan menempel ke uang dan kemudian fisiknya rusak. Kalau sudah begitu, uang Anda tidak dapat digunakan.

Taruh Di Tempat Aman

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Anda harus menempatkan uang di beberapa tempat yang aman. Berikut ini adalah tempat-tempat yang mungkin bisa gunakan untuk menyimpan uang tabungan Anda:

Brankas

Brankas menjadi tempat paling aman untuk meletakkan uang tabungan. Tetapi ada satu hal yang harus Anda perhatikan, yakni brankas harus diikat atau dibaut dengan kuat. Kalau tidak, orang lain akan dengan mudah memindahkan atau membawa brankas Anda. 

Gunakan Celengan

Dari dulu hingga sekarang, celengan tetap menjadi tempat menaruh uang paling populer. Selain aman, menyimpan uang di celengan dapat dilakukan kapan saja. Tetapi sebaiknya Anda menaruh celengan di tempat yang aman, contohnya dalam lemari yang terkunci. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah orang lain membawa atau memindahkan celengan Anda. 

Di Dalam Freezer

Apakah meletakkan uang di freezer aman? Tentu saja. Yang terpenting Anda melapisi uang dengan plastik khusus uang tadi.

Di Belakang Hiasan Dinding

Selanjutnya adalah di belakang hiasan dinding. Anda hanya perlu memasukkan uang ke dalam amplop dan menempelkannya di sana. Pastikan erat sehingga tidak jatuh.

Di Bawah Tempat Sampah

Meletakkan uang di bawah tempat sampah pun aman. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tempat sampahnya, yaitu yang tidak dipindah-pindahkan. Sebagai contoh adalah tempat sampah di dalam kamar tidur atau kamar mandi. 

Di Belakang Tangki Toilet

Meski berada di kamar mandi, meletakkan uang di belakang tangki toilet ternyata aman. Anda hanya perlu melapisi uang dengan plastik uang dan menaruhnya di sana. Periksa secara berkala. 

Di Bawah Kasur

Sebenarnya tempat ini sering digunakan banyak orang, tetapi untuk menaruh sejumlah uang aman. Pilih kasur yang Anda tiduri setiap hari, sehingga orang lain akan enggan masuk ke dalam kamar pribadi Anda.

Selip Di Antara Dokumen Penting Keluarga

Anda pasti memiliki amplop atau tas yang berisi dokumen keluarga. Nah Anda dapat meletakkan sejumlah uang di dalamnya.

Ingat atau Catat Tempat Anda Menyimpan Uang

Tips terakhir cara menyimpan uang di rumah agar aman adalah mengingat dan mencatat tempat Anda meletakkan uang tersebut. Kalau Anda lupa meletakkannya, tentu suasana akan menjadi keruh, apalagi saat keadaan darurat. 

Baca Juga: Gampang! Inilah Cara Memperbaiki Bel Rumah