Ampuh dan Alami! 7 Cara Mengusir Lalat di Rumah

cara mengusir lalat
Ilutrasi cara mengusir lalat (Sumber : freepik)

Memiliki rumah yang bersih adalah salah satu impian bagi setiap orang, salah satu tanda rumah bersih adalah tidak ada serangga terutama lalat yang masuk dan hinggap di sudut rumah. Lalat merupakan serangga yang membawa banyak kuman yang dapat berpindah ke makanan. Karena itu pentingnya menjaga kebersihan rumah agar lalat tidak hinggap ke dalam rumah, lalu bagaimana jika lalat sering masuk dan hinggap ke rumah Anda? Berikut ini adalah 7 Cara Mengusir Lalat di Rumah yang Ampuh dan Alami.

Cara Mengusir Lalat

Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus memiliki aroma yang menyengat sehingga dapat mengusir lalat di rumah Anda, selain lalat, kapur barus juga bisa mengusir serangga seperti semut ataupun kecoa. Cara mengusir lalat pun cukup mudah, Anda cukup meletakan kapur barus ke daerah yang sering dihinggapi lalat atau menggunakannya ke akses masuk atau lubang lalat dalam rumah Anda. 

Mencampur Air dan Cengkeh

Lalat tidak menyukai bau yang tajam dan cengkeh memiliki wangi yang sangat tajam sekaligus menyengat. Untuk mengusir lalat Anda dapat mencampurkan cengkeh ke dalam air dan taruh di dalam wadah, lalu taruh di tempat yang sering dihinggapi, dan tunggu hingga beberapa hari.

Menggunakan Cuka Apel

Cuka Apel merupakan fermentasi dari apel yang bermanfaat untuk suplemen bagi tubuh, namun Anda bisa menggunakan cuka apel untuk mengusir lalat. Caranya Anda cukup siapkan botol bekas lalu potong menjadi dua bagian setelah itu masukan cuka apel ke salah satu botol dan tutup menggunakan kertas, jangan lupa untuk melubangi kertas agar lalat bisa masuk ke dalam botol. Pastikan proses pembuatan dilakukan dengan tepat.

Menggunakan Lavender

Lavender merupakan bunga yang menghasilkan bau yang menyengat, bunga ini memiliki berbagai fungsi salah satunya untuk mengusir lalat dan nyamuk, Anda dapat menanam bunga lavender menggunakan pot atau membeli tangkai lavender untuk disimpan dalam atau depan rumah. Selain mengusir lalat dan nyamuk, bunga lavender juga dapat mempercantik rumah Anda.

Tabur Garam

Garam memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk mengusir lalat, cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menabur garam ke lubang yang sering dilalui lalat atau ke area yang sering dihinggapi lalat. Selain lalat garam juga dapat mengusir semut juga loh!

Menggunakan Kemangi

Kemangi merupakan daun yang memiliki banyak manfaat dan sering kita temui sebagai pendamping makanan, dan memiliki wangi yang khas dan menyengat, karena wanginya kemangi juga bisa dijadikan untuk mengusir lalat caranya Anda dapat menanam daun kemangi disekitar rumah Anda dan letakan di dapur atau area yang sering dihinggapi lalat.

Membuat Campuran dengan Bumbu Dapur

Anda dapat mencampur bumbu dapur untuk mengusir lalat di rumah Anda, campuran bumbu ini memiliki bau yang sangat menyengat. Caranya pun cukup mudah, anda memerlukan bubuk cabai, kayu manis, bawang putih dan air lalu haluskan menggunakan blender, setelah itu semprotkan air tersebut ke area yang sering dihinggapi lalat.

Baca Juga : Cara Mengusir Kucing di Plafon Rumah, Cek di Sini