Mudah & Praktis! Cara Menghilangkan Cat di Baju

cara menghilangkan cat di baju
Ilustrasi foto: shutterstock

Cara menghilangkan cat di baju.

Saat melakukan pengecatan rumah atau perabotan, ada kemungkinan catnya mengenai pakaian. Kalau baju yang dikenakan memang sudah ditujukan untuk kotor (baju bekas), berarti tidak masalah. Tetapi kalau secara tidak sengaja terkena pakaian penting, tentu harus dibersihkan.

Anda tidak bisa membersihkannya hanya dengan sikat dan sabun biasa. Ada bahan-bahan khusus yang ditujukkan hanya untuk menghilangkan noda cat di baju. Sebelum sampai kesana, berikut ini adalah penjelasan jenis cat yang mengotori pakaian:

Kenali Jenis Cat yang Mengotori Pakaian

Melihat dari bahan dasarnya, jenis cat terbagi dua yakni water-based dan oil-based. Sesuai namanya, oil-based berbahan dasar minyak dan water-based berbahan dasar air. Oil-based jauh lebih susah dibersihkan karena masuk ke dalam kategori noda membandel. Sementara water-based mudah karena berbahan dasar air, sehingga mudah larut.

Kalau sudah mengetahui jenis cat Anda, berikut ini adalah, cara menghilangkan cat di baju nya:

Cara Menghilangkan Bekas Cat di Baju: Oil-Based

Menggunakan Bensin

Cat berbahan dasar minyak biasanya digunakan untuk mengecat rumah. Cat ini mengandung alkyd dan diencerkan dengan thinner. Kalau terkena baju, berikut ini adalah cara menghilangkannya:

  • Siapkan bensin secukupnya
  • Siapkan juga spons
  • Basahi spons dengan bensin
  • Gosokkan pada pakaian yang terkena bensin 
  • Lakukan berulang kali

Setelah bersih, pakaian Anda akan memiliki bau bensin yang sangat menyengat. Maka, cuci pakaian dengan deterjen hingga bersih.

Menggunakan Spiritus

Spiritus terbilang ampuh untuk menghilangkan bekas cat di baju, terutama oil-based. Namun sebelum menggunakannya, Anda harus berhati-hati karena spiritus memiliki bahan dasar yang keras dan berbau tajam.

Selain berbahaya bagi beberapa bahan dasar pakaian, spiritus juga berbahaya untuk kulit. Maka dari itu, sebelum mengaplikasikannya pada pakaian, Anda harus melakukan percobaan pada bagian pakaian yang tersembunyi. Kalau aman, berarti dapat digunakan pada bagian pakaian yang terkena cat. 

Selama proses pembersihan, gunakan sarung tangan supaya tangan tidak iritasi.

Cara Menghilangkan Noda Cat di Baju: Water-Based

Menggunakan Deterjen

Cat berbahan dasar air biasanya terdapat pada cat air untuk mewarnai. Tidak sulit membersihkannya, tetapi sebaiknya dilakukan dengan cepat. Bagaimana? Berikut ini adalah tahapan-tahapannya:

  • Basahi pakaian yang terkena noda dengan air hangat
  • Jika sudah mulai pudar, siapkan deterjen
  • Siapkan sikat juga
  • Letakkan deterjen pada sikat
  • Sikat pakaian berulang kali, dengan sedikit tenaga
  • Kalau bahan pakaian lembut, Anda tidak perlu menggunakan sikat