Cara Menanam Rumput Gajah Mini, 100 % Berhasil

Ilustrasi cara menanam rumput gajah mini (sumber: shutterstok)

Memiliki taman yang indah merupakan idaman bagi setiap pemilik hunian, keberadaan taman ini tentunya memiliki banyak manfaat, seperti dapat  mempercantik tampilan rumah, membuat resapan air hingga menghasilkan oksigen dan menyaring polusi udara. 

Salah satu jenis tanaman yang biasa ditanam adalah rumput gajah mini, rumput ini merupakan salah satu jenis rumput hias yang biasa digunakan untuk mempercantik taman, Rumput gajah mini adalah bagian dari keluarga rumput pennisetum purpureum, ciri-ciri tumbuhan ini daunnya tidak tumbuh tinggi ke atas, sehingga tidak perlu dipotong selain itu memiliki kemampuan bertahan di cuaca yang kering maupun basah. Hebatnya lagi rumput gajah mini juga dapat bertahan dari gulma.    

Nah. bagi Anda yang saat ini tertarik untuk menanam rumput gajah berikut ini adalah tipsnya: 

Jenis Rumput Gajah Mini 

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menanam rumput gajah mini ada baiknya, Anda juga mengetahui tentang jenis rumput gajah mini, hal ini dilakukan agar Anda tidak salah membeli, karena setiap jenis rumput ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda.    

  • Rumput Gajah Mini 

Rumput gajah mini memiliki ciri-ciri pertumbuhan yang merambat ke samping, jenis rumput ini menjadi rumput hias favorit karena harganya terjangkau dan tidak memiliki perawatan khusus. Harga rumput ini sendiri dijual mulai dari Rp 10 ribu dengan ukuran 50 cm x 50 cm. 

  • Rumput Gajah Mini Varigata 

Rumput gajah mini varigata memiliki ciri khas berwarna putih di setiap daunnya, karena warnya yang unik tersebut harga jual rumput jenis ini lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis rumput gajah lainnya. 

  • Rumput Gajah Besar

Rumput gajah besar memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan rumput gajah lainnya, kendati ukurannya lebih besar harga rumput jenis ini relatif lebih murah. Karena ukurannya lebih besar, rumput ini juga tahan terhadap injakan manusia.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini   

Ratakan Lahan 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meratakan tanah, hal ini sangat penting karena jika tanah taman Anda rata maka tampilan taman akan terasa lebih bagus dan mudah untuk melakukan proses penanaman.  

Cabut Rumput Liar 

Jangan lupa untuk mencabut rumput liar, kehadiran rumput liar tentunya sangat mengganggu. Untuk itu cabut lah rumput liar yang ada hingga ke akar-akar nya hal ini dilakukan agar rumput liar tersebut tidak bisa tumbuh kembali.    

Gemburkan Tanah 

Sebelum melakukan proses penanaman, Anda juga disarankan untuk melakukan penggemburan tanah hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki tekstur tanah agar bisa menampung air dengan baik. 

Taburi Pupuk 

Kemudian Anda bisa menyebarkan pupuk di atas taman. Pupuk berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman sehingga akan membuat tanaman subur. Pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk organik dan anorganik. 

Rumput Ditanam 

Langkah selanjutnya adalah menanam rumput tanam rumputni dengan meletakkannya di atas tanah, masing-masing rumput diberi jarak 5 cm. Setelah ditanam jangan lupa untuk menekan rumput tersebut dengan tujuan agar rumput melekat dengan sempurna di atas tanah. 

Siram Tanaman Secara Rutin 

Siram tanaman rumput gajah mini secara rutin sehari tiga kali dalam seminggu. Setelah seminggu Anda bisa menyiramnya satu hari sekali. Jika Anda rajin menyiramnya rumput gajah mini akan tumbuh lebat di hari ke 26.