Cara Menanam Cabe di Rumah, Mudah!

Cabe merupakan salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi orang Indonesia, baik dijadikan sambal atau dimakan langsung. Namun sayangnya, cabe pun sering mengalami kenaikan harga. Oleh sebab itu, banyak orang yang kemudian tertarik untuk menanamnya sendiri. Apalagi cabe juga termasuk tanaman yang mudah ditanam bahkan pada lahan sempit. Tertarik untuk mencoba tanam cabe di rumah juga? Berikut langkah mudahnya!

Tentukan Lokasi Penanaman

Sebelum menanam cabe tentunya Anda harus menentukan lokasi penanaman terlebih dahulu. Dan berikut kriteria lokasi yang cocok dijadikan lokasi tanam cabe:

  • Datar
  • Terkena sinar matahari langsung sepanjang hari
  • Tanahnya gembur dan kaya nutrisi

Lihat Juga: Daftar Perumahan Grand Residence City Termurah

Siapkan Bibit Cabe

Anda bisa membeli bibit cabe di toko – toko tanaman atau bisa juga mendapatkan bibit langsung dari cabe itu sendiri dengan cara mengupas cabe, lalu ambil bijinya. Kemudian jemur biji tersebut di bawah terik matahari hingga kering.

Tabur Bibit Cabe

Berikut adalah langkah – langkah menabur bibit cabe:

  1. Taruhlah tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1 di dalam polybag
  2. Rendam bibit dengan air hangat sekitar 3 jam
  3. Masukkan bibit ke dalam polybag, tutupi benih dengan tanah dan pupuk kandang yang sudah disiapkan
  4. Tunggulah sampai bibit berubah menjadi kecambah

Lihat Juga: Daftar Perumahan Casablanca Residence Termurah

Penanaman Cabe

Setelah 4 minggu, bibit cabe kemudian akan berubah menjadi kecambah. Inilah saatnya Anda memindahkan kecambah tersebut ke tanah. Harap berhati – hati ketika memindahkan kecambah agar akar tanaman tidak rusak.

Pemupukan Tanah

Jangan lupa untuk kembali memupuk tanah ketika kecambah sudah dipindahkan ke tanah. Sebab dengan pupuk, tanaman akan mendapatkan nutrisi yang baik sehingga akan menghasilkan panen yang baik pula.

Jenis Cabe yang Mudah Ditanam

Sudah siap untuk segera menanam cabe di rumah? Berikut rekomendasi cabe yang mudah ditanam di rumah:

  • Cabe Merah Besar

Cabe ini memiliki ciri – ciri bentuk yang besar dengan permukaan halus dan licin. Beberapa variasi yang sering ditanam misalnya Maraton F1, Adipati F1 serta Kresna F1.

  • Cabe Rawit

Cabe yang dikenal memiliki tingkat kepedasan lebih tinggi dibandingkan dengan cabe merah ini pun termasuk ke dalam jenis cabe yang mudah ditanam. Selain itu, cabe rawit pun dinilai lebih tahan hama.

  • Cabe Merah Keriting

Cabe inilah yang merupakan cabe yang paling banyak digunakan dalam meracik bumbu atau sambal. Termasuk ke dalam jenis cabe yang mudah ditanam, pohon cabe merah keriting ternyata harus terkena sinar matahari yang baik selama kurang lebih 10 jam setiap harinya.

Itulah langkah – langkah mudah dalam menanam cabe sendiri di rumah. Mudah bukan? Dan jenis cabe yang mudah ditanam pun cukup beragam. Praktikkan sekarang agar bisa memanen hasilnya lebih cepat!