Cara Membaca Peta Bagua Feng shui

Pertanyaan: Hi Lamudi. Saya ingin mendekor ruangan agar bisa sesuai dengan panduan feng shui. Sayangnya, ada salah satu panduan yang mengatakan bahwa saya harus mengikuti bagua feng shui. Dan saya tidak paham mengenai hal tersebut. Bagaimana membaca bagua? Terima kasih.

 Jawaban:

Pertanyaan yang bagus sekali. Peta Bagua Feng shui merupakan alat paling dasar yang digunakan dalam feng shui untuk menentukan dan mempelajari bagian-bagian dari ruangan, misalnya rumah, bangunan kantor, ruang kamar, halaman rumah yang memiliki hubungan dengan area tertentu dalam hidup. Saat nanti kita tahu bagian ruang mana saja yang memiliki hubungan dengan aspirasi hidup kita, kita bisa merubah lingkungan sesuai dengan keinginan kita agar tujuan hidup nanti bisa tercapai. Contoh termudah untuk pengaplikasian bagua feng shui adalah ada beberapa orang menggunakan psikologi warna dalam sebuah kamar agar tercipta ruang yang lebih kondusif dan relaks.

Bagua feng shui merupakan peta energi yang menjadi fondasi prinsip kerja dari feng shui. Benda ini akan menentukan dan memberi gambaran tentang energi. Misalnya, setiap energi hanya cocok di beberapa tempat tertentu saja. Contoh lain, arah utara sangat berhubungan dengan karir, dan didukung oleh feng shui dari elemen air. Sementara, arah selatan memiliki hubungan dengan kreativitas dan bakat, dan didukung oleh elemen api.

Untuk menggunakan bagua feng shui, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih tempat yang akan dianalisa, misalnya seisi rumah, kamar, atau ruang kerja. Setelah itu, berdirilah tepat di muka pintu masuk dan menghadap ke arah dalam ruang. Pintu masuk merupakan mulut dari energi chi di mana energi chi positive akan masuk ke dalam ruangan.

Pegang Bagua feng shui dengan seksi wisdom/career/helpful mengarah ke arah Anda dan berada di posisi paralel dengan dinding pintu masuk. Putuskan sesi mana Anda berdiri. Sebagai contoh, apabila Anda sedang menganalisa sebuah ruangan, pintu masuk berada di kiri atau kanan? Ini akan membuat bagian kiri ruangan adalah wisdom area, bagian tengah adalah career area, dan bagian kanan adalah helpful area.

Setelah tahu lokasi-lokasi tersebut berdasarkan dengan area dan elementnya, Anda sekarang sudah bisa menambahkan beberapa benda di tempat tersebut untuk memperkuat energi chi yang ada. Misalnya, taruhlah tanah kuning di daerah kesehatan untuk meningkatkan kesehatan para penghuninya. Atau cat dinding dengan menggunakan warna merah di area Fame wall untuk menarik banyak orang.

Intinya adalah, setelah Anda berhasil membaca peta tersebut dan mengetahui jenis-jenis area dalam ruangan, tambahkan beberapa detail arsitektur yang Anda kehendaki, namun pastikan detail tersebut tidak akan merusak energi chi positif dan membawa banyak energi chi negative. Selamat bereksperimen dengan ruangan yang Anda punya sesuai dengan kaidah dan tata cara feng shui.