BPHTB Online, Cara Mudah Bayar Pajak Pembelian Rumah

Ilustrasi BPHTB Online (Sumber:shutterstock)

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah, salah satunya adalah kewajiban membayar pajak pembelian rumah atau yang biasa disebut juga dengan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan atau BPHTB). 

Berdasarkan Undang-undang No. 28 Tahun 2009, pasal 85 ayat 1 dan 2, besaran tarif pajak BPHTB di setiap daerah berbeda-beda, yang paling besar berada di angka 5%. Sebenarnya, saat ini ada cara mudah untuk membayar pajak pembelian rumah tersebut, salah satunya dengan menggunakan BPHTB online, dengan cara ini para wajib pajak atau PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) bisa membayar pajak tanpa antre.      

Nah,bagi Anda yang ingin membayar pajak pembelian rumah, berikut ini adalah beberapa website BPHTB online dan cara menggunakannya.   

Daftar Website BPHTB Online di Beberapa Kota  

Website BPHTB Online Jakarta 

Jika wajib pajak berdomisili di jakarta bisa menggunakan website Bapenda Jakarta, website ini dibuat cukup simple dan sangat mudah untuk digunakan. Website ini diluncurkan pada Maret 2020 untuk membantu mempermudah para wajib pajak membayar BPHTB.       

Website BPHTB Online Bogor 

Bagi mereka yang berdomisili di Bogor, bisa menggunakan website BPHTB Kabupaten Bogor di sana Anda bisa mendapatkan beragam informasi menarik untuk pembayaran BPHTB serta mengetahui tarif pajak yang ingin dibayarkan.   

Website BPHTB Online Depok 

Sementara bagai wajib pajak/PPAT yang berada di Kota Depok, bisa menggunakan website PBB-BPHTB.depok.go.id. Menariknya, selain dapat mengetahui tarif pajak BPHTB, melalui website ini Anda juga bisa mengetahui tarif pajak PBB. 

Cara Membayar Pajak dengan BPHTB Online 

Bagi Anda yang ingin membayar pajak BPHTB secara online, berikut ini adalah beberapa langkah menggunakan website Bapenda Jakarta.  

  • Pembayar pajak log in di www.pajakonline.jakarta.go.id/login
  • Pilih menu BPHTB 
  • Pembayar pajak diwajibkan untuk mengisi Nomor Objek Pajak (NOP) PBB 
  • Jika tidak ada tunggakan maka Anda bisa langsung mengisi Surat Setoran Pajak Daerah (SSPD) BPHTB dan beberapa berkas lainnya. Kemudian berkas tersebut diunggah.  
  • Setelah diunggah, petugas akan mengecek kelengkapan berkas dan SSPD BPHTB jika sudah lengkap maka mereka akan mengirimkan kode bayar
  • Setelah mendapatkan kode bayar, wajib pajak kemudian membayar pajak BPHTB 
  • Kemudian wajib pajak/PPAT mengunggah dokumen AJB yang sudah ditandatangani 
  • Kemudian pembayar pajak mendapatkan One Time Password (OTP) 
  • Kemudian Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (UPPRD) akan menandatangani SSPD BPHTB 
  • SSPD BPHTB dapat dicetak sebagai tanda bahwa Anda telah membayar pajak BPHTB