Berapa Biaya Menggunakan Jasa Desain Interior?

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah dengan desain ruangan yang nyaman dan unik? Semuanya pasti menginginkannya bukan?Makanya tak heran, untuk menciptakan ruangan rumah yang sesuai dengan diharapkan, banyak pemilik rumah akhirnya memutuskan menggunakan jasa desainer interior.

Jasa desainer interior dibutuhkan untuk membantu mendesain tampak dalam sebuah ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang kerja, kamar mandi, atau ruang keluarga. Termasuk pemilihan warna cat dinding, penentuan pencahayaan, furniture hingga pemilihan lantai dan plafon.

Namun permasalahannya sekarang berapa biaya untuk menggunakan jasa desainer interior? Memang agak sulit untuk menjawab pertanyaan tersebut secara spesifik, karena setiap desainer memasang tarif yang berbeda-beda, namun kendati demikian para desainer di Indonesia menerapkan cara penghitungan jasa yang tidak jauh berbeda, dan berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Paket Harga Jasa Desain Interior :

  • Per meter persegi

Sebenarnya ada beberapa paket harga jasa desain interior yang ditawarkan, salah satunya adalah berdasarkan hitungan per meter persegi luas ruangan. Untuk di Jakarta ini rata-rata harga jasa seorang desainer interior yang sudah tersertifikasi mencapai Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu.     

  • Persentese

Ada pula beberapa desainer yang memasang tarif berdasarkan persentase dari total biaya produksi, rata-rata persentase nya sekitar 2 persen hingga 5 persen dari total biaya produksi yang telah disepakati.

  • Hanya menjual design

Sebagian desainer juga hanya memasang tarif untuk membayar biaya gambar desain ruangan yang akan dibuat. Harga desain nya pun tergantung dari seberapa rumit desain yang dibuat, semakin rumit maka harganya pun semakin mahal.

  • Design and build

Ada juga beberapa desainer menawarkan hitungan jasa berdasarkan design and build artinya Anda dapat meminta jasa desain ruang sekaligus pengisian perabotannya, termasuk pengecatan dinding, plafon, pemasangan lantai hingga lighting.

Tips mencari desainer interior

Sebelum menggunakan jasa desainer interior Anda pun harus mencari tahu terlebih dahulu seperti apa desainer yang akan Anda gunakan, untuk ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  1. Melihat portfolio dari desainer, jika memang portfolio yang dihasilkan bagus, tentu tidak salahnya jika Anda mencoba menggunakannya.
  2. Melihat portfolio saja tidak cukup, Anda pun disaran untuk melihat langsung project yang pernah dibuat oleh sang desainer, jika memang bentuk aslinya sesuai dengan gambar yang dipresentasikan maka sebaiknya Anda menggunakan desain interior tersebut.
  3. Jangan terbuai dengan harga murah yang ditawarkan oleh sang desainer, karena belum tentu harga yang ditawarkan tersebut sesuai dengan hasil pekerjaan yang dihasilkan.       

Baca Juga : Harga Jasa Menggunakan Arsitek Rumah