Perlu Diingat, Bagaimana Aturan Bersikap Kepada Tetangga?

Bagaimana Aturan Bersikap Kepada Tetangga
Ilustrasi Foto: Pixabay

Bagaimana aturan bersikap kepada tetangga?

Sebagai manusia biasa, kita tidak bisa hidup sendiri. Kita memerlukan bantuan orang lain untuk hidup. Kalau di lingkungan rumah, orang-orang yang akan membantu kita adalah tetangga sendiri. Nah bagaimana kita bisa menjalin hubungan baik?

Tidak sulit, hal-hal sederhana dapat Anda lakukan seperti memberi salam saat bertemu atau tidak bergosip. Namun, ada banyak cara bagaimana aturan bersikap kepada tetangga. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

Bersikap Ramah kepada Tetangga

Tidak sebentar, Anda akan menetap di satu area selama bertahun-tahun. Kalau selama Anda menetap kemudian sering terjadi keributan dengan tetangga, tentu suasana menjadi keruh dan panas. Anda pun juga tidak akan betah.

Nah itulah pentingnya bersikap ramah kepada tetangga demi terciptanya hubungan yang hangat. Nantinya, kalau di antara Anda dan tetangga membutuhkan bantuan, melakukannya pun dengan ikhlas dan senang hati.

Tidak Mengganggu Tetangga

Setiap orang membutuhkan waktu istirahat. Sebagai tetangga yang baik, Anda harus tahu waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh saat ingin melakukan renovasi, sebaiknya dilakukan pada siang hari. Hindari melakukan pada malam hari karena suaranya akan sangat mengganggu waktu istirahat tetangga.

Contoh lain adalah kalau Anda ingin bermain alat musik, jangan dilakukan di rumah. Pun misal ingin di rumah, pasang karpet peredam suara pada dinding terlebih dahulu.

Lebih Sabar Menghadapi Tetangga

Tidak semua tetangga ramah pada Anda. Pasti ada saja tetangga yang terkadang menggosipkan kehidupan tetangga lain, termasuk kehidupan Anda.

Anda yang merupakan tetangga yang baik, dianjurkan untuk lebih sabar dan tidak menggosipkan kembali kehidupan mereka. Biarkan saja hingga mereka lelah dengan sendirinya. Dengan begitu, hati Anda akan lebih tentram dan damai. 

Berbagi Makanan kepada Tetangga

Selain memberi salam saat bertemu, berbagi makanan menjadi salah satu aturan bersikap kepada tetangga yang sangat penting. Ada waktu di mana kita memasak makanan dengan porsi lebih banyak. Nah, membaginya kepada tetangga akan membuat mereka sangat senang.

Tidak hanya itu, saat selesai bepergian dan membawa oleh-oleh, membagi ke tetangga juga akan menunjukkan bahwa kita memiliki rasa peduli kepada mereka.

Aktif Di Grup Aplikasi Percakapan

Mungkin Anda sibuk bekerja sehingga sulit untuk ikut bersantai dan mengobrol secara langsung. Kalau seperti itu, setidaknya Anda aktif di grup aplikasi percakapan tetangga untuk menunjukkan sopan santun kepada tetangga. 

Grup ini biasanya digunakan untuk bertukar informasi antar tetangga. Atau misal ada yang perlu dilakukan terkait hal penting dari pemerintah.

Menawarkan Bantuan kepada Tetangga

Menjalin hubungan baik kepada tetangga  lainnya adalah dengan cara menawarkan bantuan. Tidak perlu bantuan besar terlebih dahulu, salah satunya adalah saat tetangga ingin bepergian dan ada paket datang, Anda dapat menawarkan untuk menjadi penerimanya selama mereka jauh dari rumah. 

Meminta Izin Kalau Ingin Mengadakan Acara Di Rumah

Ini juga penting. Entah khitanan, syukuran, pengajian, pernikahan, atau acara lainnya, ada kemungkinan Anda menyelenggarakannya di rumah, kan? Sebaiknya Anda meminta izin kepada tetangga sebelum acara dimulai. Katakan pada mereka kemungkinan rumah Anda akan sedikit berisik untuk beberapa hari. Kalau Anda mengkomunikasikannya dengan baik, tetangga pasti akan mengerti. Bahkan, mereka pasti akan menawarkan berbagai macam bantuan.

Datang Saat Tetangga Mengadakan Acara

Nah kalau ini adalah kebalikan dari poin sebelumnya. Saat tetangga mengadakan acara, mereka pasti akan meminta izin kepada Anda. Kalau Anda sedang sibuk untuk membantu mereka, setidaknya saat acara berlangsung Anda datang. Selain menciptakan hubungan hangat, tetangga akan merasa kalau Anda tidak terganggu dengan acara mereka. 

Tidak Mengobrol Terlalu Lama

Bagaimana aturan bersikap kepada tetangga yang terakhir adalah tidak mengobrol terlalu lama. Ya, setiap orang memiliki kesibukan masing-masing dan kalau Anda mengajaknya berbicara terlalu lama, mereka akan terganggu karena masih banyak yang harus dilakukan. Selain itu, berbicara tidak terlalu lama juga menghindari Anda dari gosip.

Baca JugaTips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik