Penggunaan Atap Baja Ringan untuk Rumah yang Lebih Sejuk dan Nyaman

harga genteng metal

Hal yang diinginkan saat tiba di rumah adalah rasa nyaman untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Namun, bagaimana jika suasana rumah malah membuat tidak nyaman? Seperti halnya ketika membuka pintu, udara rumah terasa panas dan pengap layaknya rumah yang banyak sekali memiliki barang.

Udara panas dan pengap salah satu penyebabnya adalah rumah yang kekurangan ventilasi. Ini menyebabkan aliran udara tidak maksimal karena hanya sedikit ruang untuk keluar masuknya udara. Selain hal tersebut, ada beberapa hal yang terkadang tidak disadari pemilik rumah bisa menyebabkan rumah terasa lebih panas dan pengap, yaitu:

  1. Menggunakan Atap yang Tidak Sesuai

Rumah akan menjadi terasa lebih panas jika Anda menggunakan material dari plastic, asbes, atau material seng. Ini karena material tersebut dapat menyerap panas panas lebih tinggi dan membuat ruangan yang berada di bawahnya lebih terasa panas.

  1. Konstruksi Plafon Rendah

Plafon atau langit – langit rumah yang dibuat rendah akan menyebabkan sirkulasi udara menjadi terhambat. Ini karena ruang menjadi lebih sempit dan terbatas. Sebaiknya dalam membangun plafon ketinggian yang direkomendasikan sekitar tiga meter.

  1. Pemilihan Warna Cat Gelap

Pemilihan warna juga berpengaruh untuk kondisi rumah. Warna gelap memiliki sifat menyerap panas lebih tinggi dibandingkan penggunaan warna terang. Tidak heran, jika udara sedang panas jika di tempat dengan warna gelap akan semakin terasa panas dan pengap.

Tips Membuat Rumah Lebih Sejuk dan Nyaman dari Atap Baja Ringan

Situasi rumah yang tidak nyaman, jangan sampai berkepanjangan. Dalam mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan produk baja ringan dari BlueScope Zacs® yaitu BlueScope Zacs® Cool. Kenapa harus baja ringan? Ini karena material baja ringan dari BlueScope Zacs® Cool memiliki teknologi canggih yang bisa membuat atap terasa lebih sejuk hingga 6° celcius dan menghemat listrik hingga 8%.

Selain membuat rumah terasa lebih sejuk BlueScope Zacs® Cool juga memiliki ketahanan warna yang lama walaupun rumah terkena paparan sinar matahari langsung secara terus menerus.

Tersedia dalam lima varian warna dan dapat diaplikasikan untuk atap ataupun dinding, BlueScope Zacs® Cool menawarkan kemudahan bagi Anda pada saat proses pembangunan. Ini karena sifatnya yang lentur membuatnya mudah diaplikasikan untuk konsep design apapun.

Warna Trendi Atap Baja Ringan 

  1. Biru Bromo

Warna ini akan memberikan kesan yang sejuk seperti langit yang jernih. Warna ini cocok digunakan untuk pengaplikasian pada dinding ruang santai keluarga. Pada saat keluarga berkumpul ruangan akan terasa lapang dan memberikan keceriaan dalam ruangan.

  1. Hijau Borneo

Warna yang menenangkan namun menyegarkan pandangan mata. Warna hijau memberikan kesan natural dan minimalis. Cocok diaplikasikan pada ruangan yang tidak terlalu luas.

  1. Merah Merapi

Untuk pilihan warna ini akan memberikan kesan semangat dan energi tinggi. Pengaplikasian warna merah Merapi akan memberikan tampilan plafon lebih tinggi dan lapang di dalam ruangan. Merah Merapi cocok digunakan pada ruang bermain anak, ataupun ruang untuk berolahraga.

  1. Coklat Jati

Tampilan warna yang lembut dan hangat akan memberikan kesan yang berbeda dalam ruangan. Warna ini cocok diaplikasikan untuk ruangan istirahat atau ruangan membaca yang akan memberikan ketenangan dalam ruangan.

  1. Merah Carita

Berbeda dengan merah Merapi yang menyala, merah carita cenderung memperlihatkan warna yang elegan dan lembut dalam ruangan. Warna ini bisa diaplikasikan untuk ruang tamu ataupun ruang kerja.

Sudah mengetahui material yang berkualitas, agar bangunan semakin kuat dan kokoh berdiri Anda juga harus memilih tukang baja ringan yang berpengalaman. Ini karena jika Anda menggunakan atap baja ringan dan rangka baja ringan pada rumah, perhitungan dalam pemasangan haruslah tepat. Ini guna menghindari adanya kesalahan dalam pemasangan atap baja ringan. Selain memberikan produk berkualitas BlueScope Zacs® juga memberikan kemudahan dengan menyediakan tukang baja ringan yang berpengalaman dan pastinya bersertifikasi.

Cari tukang baja ringan sesuai lokasi terdekat Anda dan mulai perencanaan pembangunan atau renovasi rumah yang sejuk dan nyaman untuk keluarga.

Baca Juga : Daftar Harga Spandek 2022, Murah & Lengkap

Sumber: bluescopezacs.id