Arsitektur Universitas Paling Menakjubkan di Dunia

Universitas telah lama melayani sebagai landasan untuk individu pemikir untuk membuka pikiran terhadap dunia disekeliling mereka.Bukan hal-hal yang terjadi di dalam institusi akademik saja yang menginspirasikan komunitas global, melainkan juga apa yang terjadi dibagian luarnya.

Kami telah menyorot beberapa arsitektur universitas yang paling menakjubkan yang telah menjadi aspirasi bagi mahasiswa dan pengamat, di dalam maupun dari luar.

 

Universitas Otonomi Nasional Meksiko, Mexico City 

 

Universitas Otonomi Nasional Meksiko adalah salah satu contoh rancangan arsitektur yang paling mengesankan. Dibangun pada awal tahun 1950 oleh beberapa arsitek bergengsi Meksiko dan pelukis, kampus pusat UNAM terkenal sebagai kampus paling cantik secara sisi estetis di Amerika Latin.

Pada tahun 2007, UNAM dicantumkan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

 

Sekolah Seni Rupa, Desain dan Media di Universitas Teknologi Nanyang, Singapura

 

Nanyang Technological University di Singapura disebut sebagai universitas paling bergengsi di Asia.

Desainnya yang futuristik menyatu dengan lingkungan hijau di sekelilingnya. Yang paling berkesan dari semuanya adalah atap penghijauan pada bangunan. Bangunan cantik ini tidak hanya menjadi sebagai tempat pertemuan bagi mahasiswanya, tetapi juga sebagai isolator natural dan memanfaatkan curah hujan rutin di Singapura dengan mengairi dirinya sendiri melalui tampungan air hujan.

Ray and Maria Stata Center di MIT, Cambridge, Massachusetts

ray-maria-stata-center

Dirancang oleh arsitek pemenang penghargaan Frank Gehry, Ray and Maria Stata Center adalah struktur imajinatif yang berperan sebagai rumah pada kelas-kelas dan fasilitas penelitian di MIT.

Karya luar biasa dari Frank Gehry dapat dianggap sebagai metafora kebebasan dan kreatifitas yang bisa disaksikan pada dindingnya.

Victorian College of the Arts, Melbourne, Australia

 

VCA di Melbourne menawarkan kurikulum berbeda kepada mahasiswanya lewat enam disiplin ilmu yang berbeda, berkisar dari ilmu seni rupa hingga program drama khusus. Kelas kreatifitas yang begitu tinggi direfleksikan pada rancangan bangunannya. Sebagai contoh, pada sekolah drama dapat ditemukan curahan warna segar dan desain unik di seluruh arsitektur bersejarah yang membentuk keseluruhan Victorian College of Arts.

 

Theater kuliah di Universitas Edinburgh Napier, Edinburgh, Skotlandia

 

Sebagai salah satu universitas tertua di Skotlandia, Universitas di Edinburgh umumnya terdiri dari bangunan bersejarah yang berusia tua. Tetapi, berbeda dari bangunan lainnya, menyerupai pesawat alien luar angkasa yang mendarat langsung di indahnya tengah kota Skotlandia.

Diberi julukan ‘lampu sepeda’ dan ‘telur Napier’, rancangan futuristik theater kuliah Universitas Edinburgh Napier sangatlah unik. Dinding utamanya terbuat sepenuhnya dari kaca, membiarkan cahaya alami bebas masuk ke dalam sehingga menciptakan tempat unik dimana mahasiswa dapat datang bersama-sama dengan dosen pengajar.