Agar Aman, Begini Tips Memilih Apartemen

Belangan publik dikejutkan dengan beberapa peristiwa kecelakaan yang terjadi pada hunian vertikal di Jabodetabek seperti kebakaran atau pun runtuhnya bangunan.  Jika dibandingkan dengan rumah tapak, tinggal di apartemen memang lebih rawan terhadap bahaya, untuk itu sudah sebaiknya Anda harus berhati-hati ketika memilih apartemen untuk ditinggali.   

Nah, bagi Anda yang saat ini ingin membeli apartemen, berikut ini adalah tips untuk memilih apartemen :

Pilih pengembang yang berpengalaman

Pilihlah pengembang yang berpengalaman membangun apartemen, kenali proyek-proyek apartemen yang telah dibangun pengembang tersebut. Lihat apakah memang gedung tersebut dibangun dengan kualitas dan fasilitas yang baik. Jika Anda ingin mencari tahu tentang track record pengembang Anda juga bisa mendapatkannya dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Cek Sertifikat Laik Fungsi (SLF)

Sertifikat Laik Fungsi (SLF) adalah sertifikasi kelaikan teknis gedung bangunan serta fungsi bangunan berdasarkan pemeriksaan. Sertifikat ini dikeluarkan oleh pemerintah kota tempat dimana gedung apartemen tersebut di bangun.

Saat membeli apartemen, jangan lupa untuk menanyakan SLF kepada pengembang, tanyakan apakah gedung apartemen yang dibangun sudah mengantongi sertifikat tersebut. Hal ini sangat penting, guna menjamin bahwa gedung apartemen tersebut memang sudah layak untuk ditinggali.

Jangan tertipu dengan harga  

Jangan tertipu dengan harga, karena harga yang mahal belum tentu memiliki kualitas bangunan yang. Selain itu ada baiknya juga Anda jangan terbuai dengan gambar pada brosur, kunjungi langsung lokasi dibangunnya apartemen, periksa dengan seksama apakah bangunan apartemen tersebut dibangun dengan baik, Anda pun juga disarankan untuk memeriksa lokasi di sekitar apartemen, periksa apakah apartemen dibangun di lokasi area yang bebas banjir.

Perhatikan usia bangunan

Jika Anda membeli apartemen second ada baiknya menanyakan usia bangunan apartemen tersebut. Semakin tua maka semakin besar pula potensi kerusakan yang akan diterima serta juga akan engeluarkan biaya perawatan yang tinggi.

Periksa kelengkapan fasilitas keselamatan

Jangan lupa untuk memeriksa fasilitas keselamatan pada tower apartemen, seperti tangga darurat, alat pemadam kebakaran dan lain-lain.    

 

Picture by Novriyadi/Lamudi