6 Tips Memilih Motif dan Warna Wallpaper Dinding yang Tepat Sesuai Bentuk Ruangan

Pertanyaan: Hallo Lamudi, bagaimana caranya untuk memilih warna wallpaper dinding yang tepat? Rumah baru saya memiliki beberapa ruangan dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Mohon informasi dan panduannya.

 Jawaban:

Warna yang kita pilih untuk ruangan tertentu memang cenderung mempengaruhi mood dan perasaan siapapun yang berada pada ruangan tersebut. Karena itulah memperhitungkan pemilihan warna yang paling tepat wajib Anda lakukan karena tidak berhati-hati dalam memilih warna malahan akan merusak suasana yang ingin Anda ciptakan pada tempat tertentu. Penciptaan suasana yang tepat melalui warna bisa Anda lakukan baik dengan memilih penggunaan cat dengan warna tertentu yang Anda pilih atau dengan menggunakan wallpaper dengan warna dan motif tertentu. Keunggulan memilih wallpaper adalah Anda sudah bisa langsung membayangkan bentuk dinding Anda melalui motif dan warna wallpaper yang Anda pilih. Hal ini berbeda dengan cat karena biasanya ketika diaplikasikan warna cat bisa berubah tergantung kondisi tembok dan tidak sesuai dengan harapan Anda.

Bagaimana untuk memilih.warna wallpaper dinding yang paling tepat? Tips pertama adalah jika Anda memiliki ruangan dengan bentuk plafon yang rendah maka Anda harus memilih wallpaper yang bisa memberi kesan tinggi pada ruangan tersebut. Pilihlah wallpaper dengan motif garis vertikal ke atas sehingga ruangan tersebut berkesan lebih tinggi. Bagaimana dengan warna? Pilihlah wallpaper dengan warna yang lebih gelap daripada warna plafon yang Anda miliki. Jangan memilih warna yang lebih terang karena hal ini akan semakin memberi kesan pendek pada ruangan tersebut.

Bagaimana jika ruangan yang Anda miliki berukuran sempit dan berplafon tinggi? Maka sebaliknya Anda harus memilih wallpaper dengan motif mendatar atau horizontal. Warna yang harus Anda pilih adalah warna yang lebih terang daripada warna plafon Anda. Dengan memilih warna wallpaper yang demikian maka ruangan akan terasa lebih nyaman. Pastikan untuk tidak memilih motif yang ramai dan besar-besar karena ruangan Anda akan terasa lebih sempit. Tips ketiga adalah dengan memilih wallpaper berwarna terang apabila Anda ingin menggunakannya untuk ruangan yang sempit. Wallpaper berwarna terang pada ruangan sempit akan memberi kesan lebih luas.

Tips keempat bagi Anda yang memiliki ruangan yang luas di rumah baru Anda adalah pastikan untuk memilih warna yang agak gelap. Warna yang bisa Anda pilih misalnya biru tua ataupun coklat. Dengan memilih warna yang cenderung agak gelap di ruangan yang luas Anda akan membuat ruangan yang Anda miliki terkesan lebih hangat dan nyaman. Tempat dengan warna wallpaper dinding yang demikian sangat cocok digunakan pada ruangan tempat berkumpulnya keluarga atau ruang tamu yang berukuran luas.

Bagaimana dengan ruangan yang lebar? Untuk tips kelima adalah pilihlah wallpaper dengan warna gelap di bagian dinding sebalah kanan dan kiri. Dan untuk dinding bagian tengahnya pilihlah wallpaper dengan warna yang terang. Dengan memilih wallpaper tersebut maka Anda bisa menciptakan kesan dinding kanan dan kiri nampak lebih dekat dan dinding sebelah tengah memiliki kesan lebih jauh. Tips terakhir adalah aplikasikan dengan paduan warna yang berkebalikan, yaitu warna gelap pada dinding tengah dan warna terang pada dinding kanan dan kiri jika Anda memiliki ruangan yang berbentuk memanjang.

1 COMMENT

Comments are closed.