5 Teknologi Canggih untuk Rumah Masa Depan

modern

Pernah membayangkan Anda dapat mengontrol rumah dan mengatur peralatan di rumah Anda seperti Mary Poppins dan film Hollywood lainnya? Seperti misalnya hanya dengan gerakan tangan, dapat menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis.

Ini berita baiknya, Anda mempunyai kesempatan untuk mengaplikasikannya di rumah Anda, karena beberapa perusahaan telah berhasil menciptakan peralatan tersebut.

Simak ulasan Lamudi mengenai fitur-fitur canggih dan futuristik  berikut ini.

1. Mengatur Lampu Rumah dengan Tepukan Tangan

lamp
© ingimage

The Clapper merupakan alat pengaktivasi yang berbasis suara. Anda bisa menyalakan atau mematikan lampu ruangan anda dengan hanya menepukan tangan Anda. Alat ini ternyata sudah ada dijual secara umum di Amerika Serikat sejak tahun 1986. Merasa malas bangun dari tempat tidur untuk mematikan lampu? Tepukan saja tangan Anda!

 

2. Menyalakan Peralatan Elektronik dengan Menunjuk Jari

Jika The Clapper memerlukan tepukan tangan untuk mengaktivasikannya, dengan fitur PointSwitch dari PointGrab  anda bisa mengatur peralatan rumah anda hanya dengan menunjukkan jari anda ke arah alat tersebut. Alat ini bahkan dapat bekerja di dalam kegelapan dan dari jarak yang lebar hingga 15 kaki. PointGrabmengumumkan di website resmi-nya bahwa alat ini akan tersedia dalam tahun ini. Anda juga bahkan bisa melihat video demonstrasinya di website tersebut.

 

3. Mengganti Kunci Rumah dengan Smartphone

Setting Home Alarm System
© ingimage

Dengan fitur ini, Anda tidak lagi harus menggunakan kunci biasa untuk mengamankan rumah. Sebuah alat akan dipasang di pintu rumah dimana alat tersebut dapat mendeteksi smartphone yang Anda biasa gunakan untuk bisa memiliki akses masuk ke dalam rumah. Dengan fitur dari Lock-it-Tron ini Anda akan mendapatkan notifikasi setiap kali ada yang berusaha memasuki rumah, juga  notifikasi darimana pun di seluruh dunia karena teknologi wifi yang terpasang di alat ini. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengecek melalui smartphone jika lupa mengunci pintu rumah. Canggihnya lagi, teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengunci pintu dari jarak jauh menggunakan layanan yang ada di dalam fitur tersebut. Canggih bukan?

 

4. Membuat Pencahayaan Rumah Sesuai Mood

Perusahaan lampu Philips mengeluarkan produknya bernama Philips Hue yang menggabungkan lampu LED dengan teknologi aplikasi yang memungkinkan Anda mengatur sendiri warna lampu anda sesuai dengan yang anda inginkan. Anda bisa bereksperimen mencari warna lampu yang anda suka atau bahkan meniru dari foto yang Anda punya. Dengan menggunakan timer, Hue dapat berfungsi sebagai alarm pagi dengan memasang warna lampu yang sangat terang sehingga dapat membangunkan dari tidur lelap Anda. Anda lupa mematikan lampu kamar anak? Hue juga dapat dengan mudah anda operasikan melalui smartphone Anda!

5. Robot Pembersih Rumah

Pernah bermimpi mempunyai robot pembantu yang dapat mengerjakan pekerjaan rumah? Perusahaan Ecovac mengeluarkan beberapa perangkat robot yang dapat membantu anda mengerjakan pekerjaan rumah. Winbot misalnya, robot pembersih jendela ini dapat membantu Anda membersihkan jendela yang biasanya sulit anda raih. Hanya dengan menempelkan Winbot di jendela anda, alat ini akan otomatis mendeteksi besar jendela anda dan jalan membersihkannya. Selain Winbot, ada juga beberapa jenis robot rumah tangga lain dari Ecovac yang bisa membuat anda mempunyai pasukan robot sendiri untuk membantu anda membersihkan rumah.