5 Masjid di Jakarta dengan Arsitektur yang Unik

Masjid Perahu (Foto: Novriyadi/Lamudi)

Bagi sebagian orang, masjid kini bukanlah sekedar tempat beribadah bagi umat beragama Islam. Fungsi dan perannya telah melebar sebagai lembaga pembelajaran agama yang terorganisasi. Struktur bangunan maupun desain arsitekturnya pun kini semakin beragam dan begitu menarik untuk ditelisik lebih mendalam. Berbicara mengenai desain arsitektur, berikut ini adalah 5 masjid di Jakarta dengan desain arsitektur yang unik.

Pilihan Masjid di Jakarta 

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal dibangun dengan luas yang cukup besar, bahkan diklaim terbesar di Asia Tenggara, Masjid ini memang tidak pernah membosankan untuk dikunjungi. Istiqlal juga menjadi salah satu daya tarik wisata terkenal di Jakarta. Terletak di timur laut lapangan Medan Merdeka, bangunan ini terdiri dari lima lantai dengan gaya arsitektur moderen. Memiliki dinding dan lantai berlapis marmer, terdapat detil hiasan ornamen geometrik dan baja antikarat. Sedangkan yang menjadi ikon ialah kubah besar berwarna putih dengan diameter 45 meter dan ditopang 12 tiang besar. Masjid ini dapat menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah dan menjadi favorit banyak orang untuk menunaikan ibadah solat Iedul Fitri.

2. Masjid Al Azhar

Terletak dibilangan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, membuat masjid yang satu ini sangat mudah diakses. Nuansa arsitektur Timur Tengah begitu terasa dengan kemegahan fondasi dan dominasi warna cat putih. Masjid yang berdiri seluas 43.756 m2 ini sebelumnya memiliki nama Masjid Agung Kebayoran Baru, dan lokasinya berdampingan dengan universitas Al Azhar. Beberapa kegiatan majelis taklim, studi islam hingga kursus bahasa sering diadakan pada masjid ini, sehingga dapat Anda pilih untuk mempelajari ilmu agama islam secara lebih mendalam.

3. Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman

Tahukah Anda jika dibilangan Casablanca, Menteng Dalam terdapat sebuah masjid agung yang seringkali disebut masjid Perahu? Tempat ibadah ini menjadi salah satu masjid di Jakarta yang memiliki desain yang unik karena disana terdapat bangunan berbentuk perahu yang berdiri di samping masjid. Terinspirasi dari kisah Nabi Nuh ketika ingin mengajak umatnya beribadah, bangunan berbentuk perahu tersebut berisi 10 kran untuk berwudhu dan enam toilet. Tidak hanya itu, pada Masjid ini juga terdapat sebuah Al-Qur’an kuno berukuran raksasa 2×1,5 meter dan ketebalan 30cm berisi ukiran kaligrafi Al-Qur’an.

4. Masjid Raya Jakarta Islamic Centre

Masjid yang berdiri diatas tanah eks lokasi resosialisasi Kramat Tunggak, Tanjung Priok ini dibangun pada akhir tahun 2001. Memiliki citarasa arsitektur Betawi, masjid ini memiliki menara setinggi 114 meter yang ditafsirkan sesuai dengan jumlah surat dalam Al-Qur’an. JIC merupakan manifestasi dari sifat-sifat keperkasaan (Al-Jabbaru), Kemegahan (Al-Mutakabbiru), sekaligus kelembutan dan keindahan (Al-Lathief). Tempat peribadatan ini juga aktif difungsikan sebagai lokasi pembelajaran ilmu agama Islam.

5. Masjid Agung Sunda Kelapa

Salah satu masjid di Jakarta dengan desain unik lainnya adalah Masjid Agung Sunda Kelapa, tempat ibadah ini mengusung konsep moderen, praktis dan sederhana. Hal ini terlihat dari bentuk pintu, jendela hingga kubah. Tidak seperti masjid lain pada umumnya, Sunda Kelapa tidak memiliki kubah, bedug maupun simbol bintang-bulan. Namun struktur beton pada pilar, gapura dan atap menjadi ciri khas yang terlihat megah. Pada bagian gerbang utama, Anda akan disuguhi gapura indah dengan ukiran kaligrafi Arab berwarna emas kombinasi putih. Masjid ini mampu menampung 4.424 jamaah dengan didampingi Aula Sakinah dan Serambi Jayakarta.