10 Tempat Wisata di Bandung yang Seru dan Asik

Ingin rehat sejenak dari rutinitas kerja? Kalau begitu, Bandung dapat jadi destinasi Anda. Berbagai lokasi hiburan di ibukota Jawa Barat ini menarik hati banyak orang, termasuk wisatawan luar kota dan luar negeri.

Selain factory outlet Bandung terkenal seperti Rumah Mode dan deretan pertokokan di Cihampelas, beberapa pilihan FO dapat ditemukan di areal Dago, Setiabudhi, dan Riau. Kota yang terletak tidak jauh dari ibukota ini juga menawarkan Trans Studio Bandung yang kini ramai dikunjungi wisatawan.

Bosan dengan pilihan yang itu-itu saja? Lamudi menyusun kompilasi tempat wisata di Bandung yang masih jarang diketahui orang. Tiap lokasi menawarkan sesuatu yang berbeda dari lokasi lainnya.

Dusun Bambu

Lokasinya terletak di Kolonel Masturi, km 11, Cisarua. Dengan konsep 6E (Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika dan Estetika), Dusun Bambu bercita-cita ingin menjadi ekawanawisata pertama di Jawa Barat. Fasilitas yang bisa Anda nikmati: Cafe Burangrang (menyajikan makanan asli Indonesia), Lutung Kasarung (lokasi makan di atas pohon), Purbasari (restoran bernuansa Sunda), Pasar Katulistiwa (sayuran dan buah segar tersedia di sini!), Kampung Layung (tempat penginapan bergaya pedesaan), dan lain sebagainya. Selain tempat wisata di Lembang, Dusun Bambu bisa menjadi alternatif yang pas.

Taman Jomblo

Mengambil lokasi persis di bawah jembatan Pasupati, Taman Jomblo jadi tempat yang cocok untuk menikmati suasana Kota Kembang. Dikeliling beraneka tanaman hijau, Anda bisa bersantai, melihat-lihat arsitektur jalan layang yang khas, berolahraga, atau beratraksi skateboard di arena papan luncur berbentuk U.

Saung Angklung Udjo

Setiap sore, nikmati pertunjukan musik angklung yang menakjubkan. Bersama para musisi cilik berbakat, berbagai lagu tradisional dan modern siap dimainkan. Berfungsi sebagai one-stop cultural workshop, Anda juga bisa melihat-lihat aneka kerajinan bambu, sekaligus laboratorium edukasi dan pusat pelatihan budaya angklung. Lokasinya di Jalan Padasuka 118 Bandung.

Jalan Braga

Malam terasa sangat hidup di Jalan Braga. Dihiasi bangunan-bangunan tua, keramaian seolah tak kunjung redup di sini. Para pejalan kaki bisa berbelanja di toko-toko yang berjajar, menyaksikan musisi jalanan beraksi, atau singgah sejenak ke beragam restoran atau kafe-kafe bergaya Eropa.

De Ranch

Wisata ala Koboi di Bandung? De Ranch, tempatnya. Terletak di Jalan Maribaya, Lembang, lokasi ini didirikan di ketinggian 1242 mdpl. Jika datang ke sini, jangan kaget menerima susu segar aneka rasa sebagai welcome drink. Setelah itu, ayo berkuda di atas hamparan rumput luas yang dihiasi pohon-pohon cemara. Anda juga bisa mencoba olahraga memanah, flying fox, dan lain sebagainya.

 

Mountain View Golf Club

Terletak di Jalan Dago Pakar Raya, nikmati permainan golf di salah satu sudut tertinggi kota Bandung. Tingkat kesulitan lapangan golf ini cukup menantang, karena dipenuhi bunker, jurang, kolam, hutan, dan sungai. Jangan lupa menangkap pemandangan menakjubkan Paris van Java dari balkon di lantai 2. Mampir juga ke toko golf, yang menjual pakaian-pakaian golf dari merek terkemuka serta beragam aksesoris golf.

Ranca Upas

Liburan sambil berkemah? Ranca Upas tempatnya. Di sini, Anda dapat melakukan outbound, mengail ikan di pemancingan yang disediakan, menyusuri hutan, dan melihat-lihat peternakan rusa. Jangan lupa membawa jaket dan pakaian hangat lainnya, mengingat lokasi ini sangat dingin.

Air Panas Cibolang

Terletak di Bandung Selatan, 40 km ke arah Pangalengan. Dengan luas 2 hektar dan dihiasi panorama alam, suasana sumber air panas ini cukup tenang. Air panasnya berasal dari Gunung Windu, yang mengandung belerang dan berbagai mineral. Menurut penduduk sekitar, air panas Cibolang berkhasiat menyembuhkan sejumlah penyakit, salah satunya rematik.

Bosscha

Sayang sekali, observatorium yang dibangun di Lembang ini tak bisa dikunjungi setiap saat. Jadi, jika Anda mendapat peluang berkunjung ke Bosscha, jangan disia-siakan. Di sini, Anda dapat melihat benda-benda langit lebih dekat, termasuk matahari, dengan tiga teropong besar yang disediakan. Bosscha juga menyuguhi para visitor-nya dengan video pendek, poster sejarah, dan tayangan edukatif mengenai ilmu astronomi.

 Kampung Daun

Selain Lembang dan Tangkuban Perahu, Anda juga dapat menikmati pilihan wisata alam Bandung yang terletak 50 km di bagian Selatan kota. Konon, Kawah Putih tercipta akibat letusan Gunung Patuha. Perpaduan warna di tempat ini sangat unik; tanah yang putih, air yang putih kehijauan—tapi bisa berubah sesuai kadar belerang, faktor cuaca, dan suhu. Tak heran, lokasi ini acap digunakan sebagai tempat melukis, pengambilan foto pengantin, atau kegiatan lainnya seperti mendaki dan berkuda.

 Kawah Putih

Letaknya 50 km di Bandung Selatan. Konon, Kawah Putih tercipta akibat letusan Gunung Patuha. Perpaduan warna di tempat ini sangat unik; tanah yang putih, air yang putih kehijauan—tapi bisa berubah sesuai kadar belerang, faktor cuaca, dan suhu. Tak heran, lokasi ini acap digunakan sebagai tempat melukis, pengambilan foto pengantin, atau kegiatan lainnya seperti mendaki dan berkuda.

Untuk melepas keletihan, pilihan hotel di Bandung dengan pengalaman yang berbeda dapat ditemukan di Hotel GH Universal Bandung. Hotel bintang 5 yang menawarkan konsep gaya Renaissance Italia ini juga memiliki fasilitas fine dining dan resepsi pernikahan.