10 Jenis Tanaman Hias Untuk Memperindah Hunian & Pembawa Keberuntungan

tanaman hias untuk rumah

Bagi sebagian besar orang, tanaman berfungsi sebagai penyejuk udara alami. Sebagian besar lainnya menganggap fungsi tanaman tak lebih dari estetika juga penyejuk mata. Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata tanaman hias selain dapat mempercantik tampilan hunian juga taman, bisa pula membawa keberuntungan? Ya, ada banyak lho tanaman hias yang dipercaya bisa membawa energi positif dan bawa keberuntungan bagi sang penanam. Tanaman hias apa saja yang dipercaya demikian? Berikut ulasannya.

Tanaman Hias Spathiphyllum / Peace Lily

tanaman hias peace lily

Peace lily adalah sebuah tanaman hias berdaun hijau lebat dan memiliki bunga berwarna putih. Bunga lily ini bisa mekar serta tahan dalam waktu lama. Asal tanaman spathiphyllum sendiri adalah dari hutan hujan Amerika Selatan dan Tengah, sebab itu dikategorikan sebagai tanaman tropis. Wangi bunganya tak terlalu mencolok dan daunnya bisa menyerap racun di udara seperti amonia juga karbon monoksida. Satu hal yang mesti diperhatikan jika memelihara tanaman hias ini adalah peace lily tidak boleh terkena sinar matahari langsung dan usahakan jangan sampai tanah dalam keadaan kelebihan air / sangat basah.

Morning Glory

Morning glory ialah sebuah tanaman dengan bunga yang akan mekar sempurna pada pagi hari itulah sebabnya mengapa diberi nama demikian. Zaman dulu seringkali digunakan sebagai salah satu bahan dasar pengobatan tradisional di Tiongkok. Morning glory memiliki lebih dari 1.000 jenis warna. Morning glory memiliki kemiripan dengan bunga kangkung air, sebab keduanya berasal dari famili sama yakni Ipomoea. Berbeda dengan peace lily yang sebisa mungkin dihindari dari sinar matahari langsung, morning glory justru sangat menyukai pancaran sinar matahari.

Lucky Bamboo / Bambu Hoki

Bambu hoki belakangan ini ngetren ditaruh di sudut – sudut rumah karena selain bentuknya unik, juga dipercaya dapat membawa hoki ke dalam rumah pemilik. Uniknya, bambu hoki bisa hidup pada media tanah atau air. Jika ditanam di media air, tetap ingat untuk tidak menaruhnya ke dalam air terlalu banyak agar tidak busuk. Bambu hoki merupakan tanaman yang tidak kuat jika harus terkena matahari langsung. Jika kena panas dan terik, maka bambu hoki rentan kering lalu mati. Kini, seiring peningkatan popularitasnya, bambu hoki bisa dengan mudah ditemui di tukang penjual tanaman.

Tanaman Hias Bunga Matahari

tanaman hias bunga matahari

Bunga berwarna kuning cerah ini sudah sejak dulu dikategorikan sebagai bunga pembawa keberuntungan. Selain membawa keberuntungan, bunga matahari juga dapat memberikan warna lebih ceria ke dalam rumah. Asal bunga ini adalah dari negara Meksiko (Amerika Tropik Utara). Karena sifatnya yang selalu condong ke arah sinar matahari, maka orang Perancis menyebutnya sebagai ‘tournesol’. Dan oleh sebab itu pula, bunga matahari sudah pasti sangat baik ditanam di tempat yang terkena pancaran sinar matahari langsung.

Lidah Mertua / Snake Plant

Dikenal sebagai tanaman pembawa sial, ternyata selama ini masyarakat salah kaprah. Tanaman hias lidah mertua bisa menghalau energi masuk ke dalam rumah jika ditanam depan rumah. Selain itu, ternyata lidah mertua pun sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Ia dapat menyerap racun serta polutan di udara secara cepat, gel nya pun bisa dimanfaatkan sebagai tonik rambut.

Anggrek

Dalam dunia feng shui dikatakan bahwa anggrek dapat memberikan keberuntungan pemilik dalam hal percintaan atau relationship. Maka dari itu tak ada salahnya untuk meletakkan beberapa pot bunga anggrek dalam rumah karena bentuk dan warnanya pun super cantik. Kelebihan lain dari bunga anggrek adalah bunga ini melepaskan oksigen pada malam hari, jadi sangat cocok diletakkan di dalam kamar agar kualitas udara menjadi lebih baik saat Anda tidur.

Tanaman Hias Sweet Pea

tanaman hias sweet pea

Bunganya bertekstur super lembut dan memiliki warna ungu. Nama lain dari tanaman hias ini ialah Lathyrus odoriatus. Bentuknya mirip dengan anggrek, namun bila dicium maka akan terhirup aroma nan manis itulah sebabnya dinamakan sweet pea. Tanaman ini akan berkembang dengan sangat baik jika diletakkan dibawah sinar matahari langsung, tapi harap ingat untuk segera menyiram ketika tanahnya sudah mulai terlihat kering.