120

Tanah Disewakan di Jakarta - Sewa Tanah Kavling | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Jakarta
  2. Lahan
  3. Sewa

Menilik Bisnis Sewa Tanah di Jakarta

Gedung di Jakarta

Tak hanya bisa mendatangkan untung besar saat dijual kembali, tanah juga bisa menjadi alat bisnis dengan cara disewakan. Bisnis ini makin terbuka peluangnya di Jakarta karena banyak pihak yang membutuhkan ruang untuk mengembangkan bisnisnya. Peluang bisnis sewa tanah juga makin menjanjikan karena harga tanah yang tak pernah surut, bahkan akan selalu naik, tentu berimbas dengan kisaran harga sewanya. Penentuan tarif sewa tanah biasanya sekitar 0,5 dari dari harga jual pokok per meter jika lahan itu dipakai untuk hunian, sementara jika di lahan itu dipaaki untuk bangunan usaha, kisaran tarif sewanya adalah 1% per meter persegi per tahun dari harga jual pokok per meter persegi.


Sewa Lahan untuk Industri

Beberapa pihak ada yang menyewa tanah untuk membangun gedung, pabrik, gudang dan unit bisnis di atasnya. Seperti yang ditawarkan kawasan industri dimana para produsen banyak yang membutuhkan lahan untuk mendirikan pabrik atau gudang penyimpanan. Seperti lahan industri yang berada di kawasan industri di kawasan Cakung, Cilincing, dan Marunda. Menurut sumber dari PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) kisaran sewa tanah di sini sampai awal 2013 sekitar Rp 3-4 ribu per meter persegi per bulan, namun berencana untuk menyesuaikan harga sewa tanah menjadi Rp 15 ribu per meter persegi per bulan.

Tanah di Jakarta

Harga sewa tanah akan lebih mahal untuk kawasan di luar kawasan industri. Variasi harga melihat dari lokasi, kondisi lahan, dan fungsi penggunaan lahan, yakni mulai dari Rp 20 ribu per meter persegi dan ada yang mencapai 50 ribu per meter persegi per bulan. Sejumlah lahan yang letakknya berada di pinggir jalan kerap diincar untuk disewa untuk mendirikan bangunan sebagai ruang usaha, misal restoran, kios, toko, juga tempat olahraga. Banyak kavling tanah yang disewakan seperti di kawasan Bintaro, Kebon Jeruk, juga Kebayoran Baru. Bahkan untuk lahan tanah yang berada dekat jalan protokol dan utama, punya nilai investasi lebih karena pemiliknya dapat memanfaatkan sebagai ruang reklame yang disewakan. Di kawasan ini biasa diburu oleh agensi iklan atau orang-orang yang membutuhkan tempat untuk memasang billboard reklame atau baliho.

Menentukan Rentang Waktu Sewa

Tak hanya melihat situasi dan lokasi lahan yang akan sewa, saat Anda memerlukan lahan untuk disewa, beberapa hal perlu diperhatikan diantaranya adalah faktor penjanjian sewa dengan pemilik. Hal yang perlu diperhatikan adalah menentukan rentang waktu sewa lahan. Jika Anda sudah menganalisa bisnis Anda dapat tumbuh secara cepat di lahan tersebut, pilihan untuk membuat perjanjian sewa jangka panjang akan lebih menguntungkan. Sebab dengan cara ini bisa menghindari kenaikan harga sewa tanah per tahunnya. Misalnya Anda memiliki rencana membuka minimarket dengan sistem membuat bangunan di atas tanah sewa. Jika lokasinya cukup strategis dan dekat dengan hunian penduduk, pilihan menyewa tanah dalam kurun waktu 10-20 tahun bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Memuat Hasil