8257

Tanah Dijual di Jakarta - Harga Tanah Jakarta | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Jakarta
  2. Lahan
  3. Jual

Jual Beli Tanah Kavling di Jakarta

Gedung di Jakarta

Di antara berbagai jenis properti lain seperti rumah, apartemen, atau properti komersial, tampaknya pamor lahan termasuk jenis properti yang tetap banyak dipilih sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan. Terlebih lagi investasi ini terbilang lebih mudah dari segi pemeliharan, karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Ditambah lagi dengan harganya yang selalu merangkak naik, terutama di Jakarta. Hal ini dikarenakan ketersediaan terestrial di ibukota ini semakin terbatas, ditambah dengan terus meningkatnya permintaan, ini yang menjadikan harganya terus melambung.

Salah satu indikator yang menunjukkan pergerakan harga tanah di ibukota adalah informasi terbaru dari Pemprov DKI yang menetapkan nilai jual objek pajak, pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (NJOP PBB-P2) DKI 2014 sesuai dengan harga pasar. NJOP tanah tertinggi terdapat di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat yakni rata-rata Rp15,6 juta per meter persegi. Harga ini bersaing dengan Kecamatan Menteng Rp15,5 juta per meter persegi. Sementara di Jakarta Selatan, angka NJOP tertinggi ada di kawasan Setiabudi (sekitar Rp 15 juta).

Salah satu faktor yang ikut menderek kenaikan NJOP ini dengan pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemprov ibukota Negara ini, seperti mass rapid transit (MRT), monorel, dan jalan layang non tol.

Kawasan Favorit untuk Investasi Tanah

Apartemen di Indonesia

Pergerakan harga jual tanah yang cukup signifikan bisa dilihat di beberapa kawasan strategis yang banyak diminati. Salah satunya ada di kawasan Kelapa Gading di Jakarta Utara. Meski kawasan ini kerap dilanda banjir saat musim hujan, namun tak mempengaruhi nilai jual tanahnya. Faktor yang mempengaruhi besarnya minat konsumen terhadap properti di Kelapa Gading karena daerahnya yang telah dilengkapi dengan fasilitas publik, mulai dari pusat perbelanjaan, sekolah internasional, rumah sakit, ruang rekreasi, sarana olahraga, dan dekat dengan akses jalan tol. Ditambah lagi infrastruktur di kawasan ini sangat memadai. Menurut sumber dari situs Antara, harga pasaran lahan di Kelapa Gading ada yang menembus kisaran Rp 50 juta/meter persegi. Namun untuk harga lahan rata-rata di kawasan Kelapa Gading sekitar Rp 18-25 juta/ meter persegi.

Kawasan lain yang memiliki nilai jual yang relatif tinggi ada di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Selain karena suasana di Kemang yang masih terbilang hijau, daerah ini juga menjadi favorit para ekspatriat karena dekat dengan deretan tempat hiburan seperti kafe, bar, restaurant, juga galeri seni. Kisaran harga jual di sini berkisar Rp 13-20 juta/ meter persegi.

 

Memuat Hasil