703

Ruko Disewakan di Jakarta Barat

Urutkan dari:
Beralih ke Tampilan Peta

Memuat Hasil

Mengembangkan Bisnis Ruko Disewakan di Jakarta Barat

sewa ruko di jakarta barat

Jakarta Barat yang dikenal sebagai kawasan bisnis dalam bidang industri maupun perdagangan memberi prospek cerah pertumbuhan properti komersial. Keberadaan sejumlah titik CBD membuat kotamadya ini makin menjanjikan untuk dijadikan lahan bisnis yang potensial dengan properti ruko sebagai salah satunya.

Rumah toko pada bagian Barat Ibukota ini dapat menjadi magnet ekonomi baru dan menciptakan suatu pasar komersil sendiri dari area yang sebelumnya tergolong tidak prospektif. Maka meskipun keberadaannya terus bertambah namun properti jenis ini akan sangat baik bagi lahan bisnis pemula ataupun profesional.

Cari Ruko Disewakan Sesuai Budget

Ada banyak pilihan kawasan dan lokasi yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda pada bagian sayap kanan provinsi terpenting di Indonesia ini. Perhatikan kriteria lokasi sewa ruko di Jakarta Barat diantaranya:

  • Lokasi favorit berada di CengkarengGrogol Petamburan, dan Kebon Jeruk. Jika Anda menginginkan lokasi unit yang dekat dengan Trade Centre, misalnya di Mangga Besar, maka harga ruko disewakan berkisar mulai dari 150 hingga 250 juta Rupiah per tahun untuk unit 4½ lantai.

  • Pilihan menengah dapat ditemukan di bilangan Pos Pengumben dimana harga unit 3½ lantainya dipatok dengan tarif 130 juta.

  • Ruko di bilangan Daan Mogot yang strategis di tepi jalan mematok tarif 100 jutaan pertahun untuk 3½ lantai.

  • Kembangan juga dapat menjadi pilihan tepat, dimana rate sewa unitnya berkisar Rp 100 juta hingga Rp 150 juta.

  • Sedangkan area Cengkareng dapat menjadi pilihan yang terjangkau, dimana kisaran harganya dimulai dari Rp 30 juta – Rp 50 juta per tahun untuk dua lantai. Salah satunya dapat Anda temukan di Park Residences Cengkareng dan Taman Palem Lestari.

Tiga Hal Sebelum Mengontrak Rumah Toko

ruko disewakan di jakarta barat

Mengontrak rumah toko di Jakarta Barat dapat menjadi sedikit rumit jika Anda tidak memperhatikan beberapa hal yang esensial. Jika jangka waktu kontrak relatif lama (berkisar satu hingga dua tahun), maka ada baiknya Anda melakukan pengamatan yang matang sebelum menentukan pilihan sewa ruko seperti:

  • Perhatikan tujuan pemakaian. Contohnya apabila Anda ingin memanfaatkan rumah toko untuk mendirikan restoran, maka perhatikan apakah di lokasi tersebut terdapat usaha serupa? Hal ini dapat mempengaruhi kelangsungan lifetime bisnis jual beli Anda. Perhatikan juga target pasar di kawasan tersebut, pastikan pangsanya sesuai dengan keinginan.

  • Faktor kedua, pilihlah lokasi ruko strategis, hal ini merupakan syarat mutlak karena berhubungan dengan kemajuan usaha Anda. Jangan mudah tergiur dengan biaya sewa murah, karena jika lokasinya terpencil, akan sulit dalam mencapai target profit. Pilihlah daerah ramai yang mudah diakses kendaraan dan transportasi lainnya.

  • Faktor ketiga yang juga penting adalah menghitung modal yang harus dikeluarkan. Kenaikan nilai sewa tiap tahunnya yang cukup signifikan membuat Anda harus memperhitungkan pengeluaran dan pemasukan secara lebih seksama, agar tidak mengalami kerugian.

Apabila Anda menargetkan usaha dengan jangka waktu lebih panjang lagi dengan ditopang oleh pendanaan yang mapan, nampaknya beli ruko disewakan menjadi opsi yang lebih tepat. Pun jika ditengah jalan Anda merasa kurang cocok atau mendapatkan lokasi yang lebih baik, Anda dapat menyewakannya sebelum dijual kembali beberapa tahun ke depan.

Tips Memilih Harga Ruko Disewakan

 Untuk Anda yang saat ini berencana untuk memulai bisnis sewa ruko, memilih harga ruko disewakan merupakan hal yang sangat penting, karena jika Anda terlalu tinggi mematok harga sewa nanti tidak akan ada pelanggan yang akan datang. Sebaliknya, jika Anda menentukan harga sewa terlalu murah nanti profit yang akan didapatkan tidak akan tinggi. Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk memulai bisnis ruko disewakan, berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan. 

  • Memilih harga ruko disewakan berdasarkan harga pasaran. Cara ini sangat berguna bagi Anda yang bingung untuk memilih harga, langkah yang paling sederhana adalah menentukan harga dari harga sewa pasaran yang ada disekitar lokasi ruko. 

  • Memilih harga ruko disewakan menggunakan rumus. Sebenarnya ada rumus untuk menentukan harga sewa ruko, yakni: Harga properti x capitalization rate (rata-rata capitalization rate ruko 3%-5% per tahun). Jadi jika Anda membeli ruko dengan harga Rp 200 juta, maka harga sewanya adalah 5% x 200 juta = Rp 10 juta per tahun.

  • Menentukan harga ruko disewakan berdasarkan kelengkapan fasilitas. Tahukah Anda, ternyata harga sewa ruko juga bisa ditentukan berdasarkan fasilitas yang ada di sekitar ruko, keberadaan fasilitas ini tentunya juga bisa menjadi daya tarik bagi penyewa.   

Tipe Transaksi Sewa
Tipe Properti Ruko
Provinsi DKI Jakarta
Wilayah Jakarta Barat