65163

Rumah Dijual di Jakarta - Murah & Strategis | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Jakarta
  2. Rumah
  3. Jual
  • Lokasi
  • Tipe Penawaran
  • Harga ( Rp )
    -
  • Jenis Properti
  • Subkategori
  • Ukuran Gedung
    -
  • Luas Tanah
    -
  • Kamar tidur
  • Kamar Mandi
  • Fasilitas

39% penduduk asal Jakarta dan 61% berasal dari luar Jakarta dengan usia 18-25 tahun (17,39%), 25-32 (82,61%) didominasi oleh karyawan swasta tinggal dan cari beli rumah di Jakarta dengan alasan lokasi yang strategis, kemudahan akses, pekerjaan dan juga keluarga.

Pencarian terbanyak harga rata-rata perumahan dijual di Jakarta tahun 2018 ada pada kisaran Rp.500.000.000-Rp.10.000.000.000. Dengan mayoritas penduduk mencari rumah dijual.

Salah satu faktor penunjang terpenting dalam memutuskan lokasi tempat tinggal adalah TRANSPORTASI : akses ke jalan utama/tol, transportasi umum, kondisi lalu lintas. Dengan kondisi penduduk Jakarta yang 59% pengguna mobil pribadi, 22% menggunakan transportasi umum (Taxi, transjakarta, gojek, uber), 19% pengguna motor pribadi.

Pilihan lokasi favorit selain kota Jakarta adalah Bandung, Bali, Yogyakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Padang. Sedangkan area favorit untuk cari rumah dijual adalah Jakarta Selatan, Timur dan Barat

Pasar Jual Beli Rumah di Jakarta Tak Pernah Lesu

Pemandangan Kota Jakarta

Siapa bilang minat orang untuk memiliki hunian di Ibukota kian menurun? Meski kepadatan penduduk kota ini semakin tinggi, ditambah dengan kondisi lalu lintas yang kerap tidak ramah, namun peminat unit rumah dijual tak pernah surut. Bahkan, kenaikan harga jual beli properti pada kawasan ibukota yg mengalami peningkatan cukup signifikan, tak lantas membuat pasar jual rumah di Jakarta sepi.

Dari data Prime Global Cities Index, Provinsi utama Indonesia ini menempati posisi teratas pada tahun 2013 dengan pertumbuhan sampai 37,7% untuk harga unit tempat tinggal. Selain itu, pertumbuhan harganya pun sangat fantastis, bisa mencapai 10 – 20% per tahun. Terlihat dari pergerakan harga yang signifikan hingga saat ini mencari rumah dijual di Jakarta harga 250 juta adalah satu hal yang agak mustahil untuk terpenuhi. Apalagi diarea favorit seperti Jakarta Selatan atau Barat. Mungkin butuh keajaiban dan kesabaran ekstra untuk bisa mendapatkan hunian dijual dengan harga super miring.

Mengikuti permintaan tipe properti dijual tertinggi di Indonesia, Jakarta mengungguli kota besar lain seperti Dublin, Beijing, dan Dubai. Hal ini sangatlah menggiurkan, terutama bagi para investor maupun pengembang, memberikan penawaran satuan hunian dijual Jakarta.

Pada kondisi tertentu, misalnya melihat situasi politik negara atau kebijakan baru yg menyangkut suku bunga kredit, hal ini kurang lebih akan menghambat pasokan perumahan primer. Seperti misalnya saat ini ada kenaikan suku bunga kepemilikan tempat tinggal (KPR) yang mengalami peningkatan, dimana rata bunga KPR sudah berkisar diatas 10%.

Kisaran Harga Rumah Dijual di Jakarta

Interior Rumah Dijual di Jakarta

Meski pasokan hunian primer yang dijual maupun disewakan di kota Jakarta akan sedikit menurun pada tahun ini, tampaknya konsumen akan banyak melirik hunian sekunder atau bekas. Kondisi ini juga disampaikan oleh praktisi properti dan pengusaha hunian sekunder, Lukas Bong, dari Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) DKI.

Lukas mengatakan bilangan Kelapa Gading dan Puri Indah pada 2014 diperkirakan masih menjadi lokasi yg banyak menawarkan hunian dijual bekas pakai. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa unit sekunder berkisar pada harga 2 miliar rupiah ke atas paling banyak diminati karena memberi keuntungan hingga 100 persen dari harga jual beli rumah.

Angka tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan pasar hunian sekunder untuk segmen menengah yang paling hanya memberi keuntungan 20 hingga 60 persen dari harga jual rumah Jakarta. Lukas pun menambahkan bahwa pasar hunian sekunder tidak terlalu dipengaruhi situasi politik, kondisi penurunan suku bunga KPR maupun risiko inflasi di tengah rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

Pernyataan serupa juga disampaikan pengamat properti, Muhammad Mulyadi. Menurutnya kebutuhan pasar hunian sekunder setiap tahun menunjukkan peningkatan permintaan di Ibukota. Dari total jumlah transaksi tempat tinggal sekunder, kawasan Selatan dan Barat menunjukkan peningkatan.

Penawaran Hunian Murah - Rumah Dijual Di Jakarta 

Rumah Murah di Jakarta Cibubur

  • Melihat kenaikan harga jual beli rumah di Jakarta yang terus melambung, terutama pada kawasan seperti kisaran pusat ibu kota. Seperti Menteng, Bintaro, Tebet, Kemayoran, dan Kelapa Gading, membuat konsumen mulai melirik ke lokasi lain sebagai alternatif. Dimana lokasi alternatif tersebut masih berada di dalam jangkauan kehidupan perkotaan meskipun memang letaknya agak jauh namun didukung dengan adanya sistem transportasi yg baik dan tersedianya fasilitas sarana prasarana, semuanya akan tercover.
  • Pasar properti terus bergeliat di kawasan Cibubur, dimana pada kawasan ini tak hanya menawarkan pasar unit bagi konsumen kelas atas, namun juga menengah ke bawah. Ya, rumah dijual di Jakarta Timur kini memang diakui semakin menggeliat. Selain Cibubur, daerah lain juga menjadi kawasan favorit bagi konsumen yang ingin membeli unit di wilayah Utara propinsi ini adalah Pantai Indah Kapuk, juga daerah Jagakarsa, di bagian Selatan yang makin dipadati dengan hunian dijual jenis town house.
  • Sebagai perbandingan, pilihan perumahan murah di Jakarta kisaran 150 juta hingga 200 juta Rupiah pada wilayah Barat dapat ditemukan daerah Grogol Petamburan dalam kisaran harga mulai 5 juta Rupiah per meter persegi. Sedangkan diarea Selatan, daerah esanggrahan dan Bintaro masih menyediakan harga di kisaran 5 juta Rupiah per meter.

Untuk kawasan Utara, rumah dijual termurah ditemukan di kawasan Cilincing pada harga mulai 4 juta Rupiah per meter. Lain halnya dibandingkan kawasan Timur, dimana Cibubur merupakan andalan perumahan murah dengan kisaran 3 juta hingga 4 juta Rupiah per meter nya. Angka itu tentu masih terjangkau bagi semua kalangan calon pembeli rumah, terutama mereka yang termasuk ke dalam golongan masyarakat menengah.

Photograph from Kevin Aurell(wikimedia commons)

Berapa Rata-Rata Harga Rumah Dijual di Jakarta?

Tipe Rumah Harga Rata-Rata Rumah (Rp13,204,552/m²)
Type 21 Rp277,295,592
Type 36 Rp475,363,872
Type 45 Rp594,204,840
Type 56 Rp739,454,912
Type 65 Rp858,295,880
Type 70 Rp924,318,640
Type 96 Rp1,267,636,992
Type 120 Rp1,584,546,240

 

Memuat Hasil