22963

Sewa Kantor Jakarta - Ruang Kantor Disewakan | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Jakarta
  2. Komersial
  3. Kantor
  4. Sewa

Tumbuhnya Unit Rental Perkantoran 

Kantor Disewakan di Jakarta

Sebagai pusat pemerintahan dan wajah perkotaan yang dinamis, Jakarta merupakan pusat pergerakan ekonomi terpenting di Indonesia. Sejumlah perusahaan asing yang berekspansi ke ibukota pun terus menanjak seiring dengan kerjasama MEA ASEAN 2015 kelak. Tak mengherankan bila kebutuhan unit sewa kantor terus melonjak drastis di sejumlah lokasi strategis. Semarak pasar unit ruang kantor disewakan ini dapat menjadi peluang investasi yang baik bagi Anda yang ingin membeli unit properti komersial.

Konsultan properti Cushman & Wakefield merilis data riset yang menunjukkan bawa pertumbuhan tarif sewa ruang kantor di Jakarta menempati posisi pertama tertinggi di Asia Pasifik. Dengan angka 27,29 persen, disusul Manila dan Shenzen. Menurut direktur Asosiasi Senior Cushman & Wakefield untuk Indonesia Arief Rahardjo, hal ini disebabkan permintaan properti komersial di Jakarta terus meningkat. Menurut Ketua Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghada, setidaknya terdapat dua hal yang menjadi penyebabnya. Hal pertama ialah nilai Rupiah yang melemah terhadap dolar AS. Faktor kedua ialah minimnya ketersediaan unit perkantoran disewakan. Hal ini disebabkan sebagian besar pengembang lebih menyukai membangun unit perkantoran untuk dijual karena dinilai lebih cepat memberi keuntungan.

Tren Sewa Virtual Office & Serviced Office Jakarta

Tren penyewaan virtual office di Jakarta juga marak terjadi bagi perusahaan skala kecil yang ruang operasinya belum begitu besar. Dengan menyewa ruang kantor berbasis keperluan, misalnya ketika ingin bertemu dengan klien untuk membahas proyek. Fasilitas yang disewakan biasanya bervariasi dari alamat lokal kantor dan email, line telefon dan fax pribadi, ruang meeting dan meja kerja pribadi yang ditawarkan dengan basis harga per jam.

Sebagai contoh, penyewaan virtual office di Menara Rajawali di Mega Kuningan, The CEO Building di TB Simatupang  dan Office8 di daerah Selatan dapat dilakukan dengan 500 ribu Rupiah saja perbulannya. Pilihan lain di daerah Pusat dapat ditemukan di Menara BCA Grand Indonesia dan The City Tower di Thamrin. Untuk kawasan sewa kantor Jakarta Barat, pilihan bisa ditemukan di sepuataran areal perkantoran Slipi dan Kebon Jeruk, contohnya di Gran Slipi Tower dan Kencana Tower  

Sewa Ruang Kantor Jakarta

Sederet kawasan paling diminati untuk menyewa unit serviced office Jakarta ialah di kawasan Pusat dan Selatan seperti bilangan Gatot Subroto, Thamrin, Sudirman, dan Kuningan sebagai kawasan Segitiga Emas di ibukota. Berbagai menara menjulang tinggi mematok tarif rental hingga mencapai  harga rental Rp 400 ribuan per meter persegi per bulan. Bahkan untuk perkantoran kelas A yang ada di Sudirman Thamrin dapat menembus angka rental Rp 600 ribuan per meter persegi per bulan. Lain halnya bila bergeser ke area Selatan, dimana pertumbuhan sewa ruang kantor mulai tumbuh, seperti di TB Simatupang, Mampang dan Dr. Satrio dapat menjadi alternatif. Sedangkan untuk tarif sewanya berkisar mulai Rp 200 ribu sampai 300 ribuan per meter persegi per bulan.

Meski pertumbuhan nilai propertinya terbilang fantastis, namun sejumlah pengamat memprediksi akan terjadi perlambatan pada fase kedepan. Seperti dilansir Konsultan properti internasional Jones Lang Lasalle (JLL) yang memperkirakan pertumbuhan sewa kantor di Jakarta pada 2014 akan melambat setelah dinilai tertinggi di Asia-Pasifik pada 2013. Menurut Kepala Riset Asia-Pasifik JLL, Jane Murray, hal ini terjadi akibat sejumlah pihak korporasi akan beraktifitas di Jakarta bersikap hati-hati akan Pemilihan Umum 2014. Hal ini tentunya dapat memberi ruang gerak yang lebih luas bagi sejumlah pihak yang ingin menyewa unit kantor karena sementara waktu pertumbuhannya terbilang cukup stabil hingga tahun ke depannya.

Memuat Hasil