1826

Rumah Dijual di Medan. Murah & Strategis | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Medan
  2. Rumah
  3. Jual
  • Lokasi
  • Tipe Penawaran
  • Harga ( Rp )
    -
  • Jenis Properti
  • Subkategori
  • Ukuran Gedung
    -
  • Luas Tanah
    -
  • Kamar tidur
  • Kamar Mandi
  • Fasilitas

Apakah Beli Rumah Dijual di Medan Adalah Keputusan Tepat?

Merupakan Ibukota dari Provinsi Sumatera Utara, membuat Kota Medan sangat menjanjikan. Apalagi dengan dinobatkannya sebagai salah satu kota metropolitan di luar Pulau Jawa, investor pun semakin banyak yang membidik bisnis disini. Apalagi, sejak pembangunan Bandara Internasional Kualanamu, sektor properti khususnya hunian tapak kembali menggeliat. Tahun 2016 saja, DPD REI Provinsi Sumatera Utara berkomitmen untuk membangun 10.000 unit rumah dan termasuk di dalamnya ialah rumah subsidi. Sebab itu, membeli rumah di Medan bisa dikatakan sebagai keputusan investasi yang tepat sebab seiring dengan perkembangan zaman, banderol harga rumah dijual ikut terkerek naik dan menjadikannya sebagai obyek investasi yang seksi.

Fasilitas Penting di Sekitar Area Kota Medan

  • Rumah Sakit: RS Advent, RS Umum Haji, RS Columbia Asia, RSU Dr. Pirngadi
  • Sekolah dan Universitas Top: Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas HKBP Nommensen, SMAN 1
  • Area Olahraga Terbaik: Royal Sumatera Golf Course, Taman Helvetia
  • Tempat Wisata Menarik: Istana Maimun, Penangkaran Buaya Asam Kumbang, Menara Air Tirtanadi
  • Mall dan Pusat Perbelanjaan Berkelas: Lippo Plaza, Sun Plaza, Plaza Medan Fair, Hermes Place Polonia

 

Tentang Kota & Potensi Bisnis Rumah Dijual di Medan

Medan merupakan ibu kota dari provinsi Sumatra Utara, kawasan ini merupakan kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Kota ini menjadi pintu masuk Indonesia dibagian barat. Wilayah ini juga berbatasan langsung dengan Selat Malaka disebelah utara dan Kabupaten Deli Serdang dibagian selatan, timur dan barat. Dengan    

Jumlah penduduk kota ini mencapai 2.036.018 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam 59.68%, Kristen Protestan 21.16%, Budha 9.90%, Katolik 7.10%, Hindu 2.15% dan Konghucu 0.01%. Pertumbuhan jumlah populasi disana setiap tahunnya terus mengalami kenaikan. Wilayah terpadat berada diKecamatan Deli dan Helvetia kemudian yang paling sedikit berada dikawasan Polonia.      

Tempat yang terkenal dengan kuliner bika ambon ini juga dikenal sebagai kota multi etnis, karena disana banyak sekali ditemukan berbagai suku dan budaya seperti Melayu, Batak, Jawa, Tionghoa, Mandailing dan India.         

Luas area kota Medan sebesar 265.10 kilometer persegi dengan tingkat kepadatan mencapai 8.008 per kilometer. Secara administratif kota ini terbagi menjadi 21 kecamatan dan 151 kelurahan. Mayoritas penduduknya bergelut dibisnis perdagangan, pertanian, karyawan swasta dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).      

Perekonomian wilayah ini pun terhitung cukup maju, berdasarkan data pertumbuhan ekonomi kota ini pada tahun 2018 mencapai 6,5 persen atau tumbuh sekitar 0,2 persen jika dibandingkan dengan tahun 2017 yang mencapai 6,3 persen.  

Karena keunggulan-keunggulan tersebut, tak heran belakangan wilayah ini kerap menjadi lokasi pengembangan favorit developer properti, saat ini disana banyak dibangun beragam proyek properti, kondisi tak heran menjadi indikator yang menarik untuk perkembangan bisnis rumah dijual di Medan .    

Infrastruktur Sebagai Pendorong Bisnis Rumah Dijual di Medan

Tidak hanya didukung dengan kondisi perekonomian daerah yang terus menarik, salah satu penunjang menggeliatnya bisnis rumah dijual di Medan adalah ketersediaan infrastruktur yang memadai. Keberadaan infrastruktur ini tentunya akan memudahkan mobilisasi masyarakat Medan dengan kawasan lainnya.    

  • Tol Medan - Binjai

Tol ini dibuat untuk menghubungkan antara kota Medan dengan Binjai, dengan panjang membentang sejauh 16,8 kilometer, jalan ini juga merupakan bagian dari jalur tol trans Sumatra yang dibuat untuk menghubungkan antara Lampung hingga Aceh. Jalur bebas hambatan tersebut pertama kali dibangun sejak tahun 2014 dan sekarang sudah bisa digunakan oleh para pengendara mobil.

  • Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi

Jalur bebas hambatan ini dibangun sejauh 61,80 kilometer yang menghubungkan antara Medan, Tebing Tinggi dan Bandara Udara Internasional Kualanamu, jalur ini mulai dibangun sejak tahun 2014 dan tahun 2019 direncanakan bisa digunakan. Tol tersebut nantinya akan memiliki 8 pintu tol yakni Tanjung Morawa, Kemiri, Kualanamu, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Sei Rampah dan Tebing Tinggi.

  • Fly Over Jalan Gatot Subroto

Pemerintah kota berencana akan membangun Flyover diJalan Gatot Subroto. Jalan baru ini sengaja dibangun untuk mengurai kemacetan dikota ini yang sekarang memang sudah sampai taraf mengkhawatirkan, jalur terbaru ini rencananya akan dibangun tahun 2019 dengan menggunakan anggaran APBD.   

Pusat Perbelanjaan Fasilitas Penunjang Rumah Dijual di Medan  

Keberadaan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan juga dapat mendorong laju industri properti khususnya bisnis jual beli rumah. Nah, bagi Anda yang berencana untuk membeli rumah dijual di Medan, berikut ini adalah daftar pusat perbelanjaan diKota Melayu Deli tersebut.

  • Hermes Place Polonia

Pusat perbelanjaan ini merupakan salah satu lokasi hangout favorit, setiap weekend tempat ini selalu penuh oleh generasi milenial untuk mencari hiburan. Lokasi mall ini pun terbilang cukup strategis karena tidak jauh dengan Bandara Polonia. Tempat ini juga kerap dijadikan lokasi pameran mobil dan properti.

  • Sun Plaza

Sun Plaza merupakan salah satu pusat perbelanjaan mewah, lokasi mall ini berada dikawasan elit dan strategis. Suasana mall ini pun sangat nyaman terutama untuk mereka keluarga muda. Tidak hanya itu, tempat ini juga menawarkan beragam brand ternama serta hiburan menarik yang sayang untuk dilewatkan.

  • Lippo PLaza

Dibangun diatas lahan seluas 1200 meter persegi, tempat ini menjadi salah satu mall terbesar dikota Medan. Dengan menyasar kelas untuk kalangan menengah atas, tenant-tenant yang ada disana menawarkan beragam brand ternama dan mewah. Area pusat perbelanjaan ini juga sering digunakan untuk pameran seni.

Tempat Wisata

 

  • Upside Down World

Ingin berswa foto di tempat yang unik? Jika iya ada baiknya Anda langsung datang ke Upside Down World, seusia namanya tempat ini menawarkan konsep yang serba terbalik. Spot yang dibuat terbalik mulai dari kamar tidur, dapur hingga toilet, menarik bukan?. Lokasi wisata ini berada diJalan K.H. Wahid Hasyim No.  29.

  • HillPark Sibolangit

Jika ingin liburan bersama keluarga, Hillpark Sibolangit merupakan lokasi yang sangat cocok untuk Anda. destinasi ini menawarkan banyak hiburan menarik seperti roller coster, kora-kora hingga bianglala. Lokasinya berada dijalan Raya Merek KM.9, Deli Serdang.      

  • Maha Vihara Adhi Maitreya    

Jika tertarik untuk melihat bentuk bangunan yang unik dan bersejarah, Anda  bisa melihat Maha Vihara Adhi Maitreya. Vihara terbesar di Indonesia memiliki suasana yang sangat tenang, di sana pengunjung bisa melihat 3 patung suci Dwi Kwan In, patung Sang Budha hingga Hakim Bao.

Membidik Hunian Rumah Dijual di Medan Melayu Deli

Penawaran Harga Jual Rumah Medan

Sebagai salah satu kota dengan warisan budaya dan keindahan alam nan memukau, Kota Melayu Deli banyak memiliki destinasi menarik. Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, pembangunan infrastruktur yang baik, dan pusat perbelanjaan modern turut mendongkrak pertumbuhan jual beli rumah Medan.

Tak heran nilai strategisnya membuat sebagian kalangan tertarik untuk berpindah domisili di kota terpenting Sumatera Utara ini. Meski kota ini memiliki luas wilayah terbilang kecil, sekitar 26.510 hektar, namun jumlah penduduknya relatif besar, sehingga peluang investasi hunian disewakan dapat pula menjadi opsi kedua.

Permintaan jual beli unit properti, khususnya untuk rumah dijual di Medan juga terus melonjak, terlihat dari penjualan fantastik disejumlah pameran properti. Bahkan untuk tahun Juli 2014 saja, penjualan hunian tapak kota Medan sudah mencapai lebih dari 3000 unit. Hal ini menandakan, semakin meningkatnya animo pasar jual rumah di Medan dan harga investasi properti terus menanjak positif menyusul kota utama lainnya.

Pilihan Lokasi Strategis Jual Rumah Medan

Kota Melayu Deli menyimpan sejumlah kawasan yang nyaman untuk Anda bertempat tinggal. Khususnya bila Anda membidik area pusat kota, seperti di Polonia. Area yang memiliki landasan pacu Bandara Internasional ini memiliki harga pasaran rumah dijual mencapai kisaran 14 juta hingga 15 juta permeter persegi. Selain itu pencarian perumahan mewah lebih strategis di Medan Kota seperti area Merdeka atau Juanda, memiliki harga rumah mewah berada diatas 25 milyar Rupiah teruntuk tipe townhouse. Sedangkan buat beberapa pilihan lain yang dapat Anda pilih ialah di Johor atau Medan Baru. Untuk area Gedung Johor harganya dibanderol pada kisaran 6 juta sampai 7,5 juta/meter persegi. Sedangkan diarea Baru, harga jualnya berkisar dari 9 juta sampai 14 juta tiap meter persegi.

Mencari hunian idaman tak hanya pada tengah kota dengan sejumlah lokasi strategis nan mudah dijangkau. Untuk sejumlah area pinggiran atau penyanggah, Anda dapat menemukan hunian idaman dengan harga beli relatif terjangkau. Berbeda dari rumah dijual pada pusat kota, beberapa area seperti Amplas, Sunggal dan Helvetia masih ada yg menyediakan persediaan jual rumah Medan pada harga kisaran 150 juta hingga 300 juta. Sebagai gambaran, harga jual rumah Medan pada kawasan Amplas berada pada kisaran 2,5 juta hingga 4 juta permeter persegi. Sedangkan buat kawasan Helvetia dan Sunggal, harganya berkisar mulai 5 juta sampai 9 juta/meter persegi. Opsi perumahan terjangkau lain juga dapat ditemukan diarea Denai yang terkenal sebagai kawasan penghasil tembakau Deli.

Kiat Membeli Rumah Dijual di Medan Tipe Sekunder

Rumah dijual di Medan

Kebutuhan akan properti perumahan Medan, terutama bagi segmen rumah murah terkadang masih sering terkendala oleh tingginya harga yang ditawarkan oleh para developer. Sebelum berniat membeli tempat tinggal second-hand, perhatikan dahulu sejumlah kiat berikut ini:

  • Penting menentukan kisaran harga yg dapat Anda sanggupi, dan jika ingin membeli secara kredit setidaknya harus memiliki uang muka sekitar 30 persen untuk rumah dijual dengan tipe diatas 70 meter persegi. Anda juga perlu memastikan kondisi keuangan yang stabil dengan total cicilan hutang maksimalnya 30 persen dari penghasilan gabungan.
  • Setelah itu, Anda juga perlu meneliti kondisi fisik dan lingkungan sekitar perumahan, dimana hal ini memerlukan riset kunjungan pada waktu senggang Anda. Beberapa hal terkait kondisi tembok, atap, plafon hingga bagian interior perlu diteliti untuk memperhitungkan kebutuhan renovasi.
  • Hal terakhir yang juga penting ialah memperhatikan kelengkapan dokumen dan riset harga. Hal ini berkaitan dengan deal akhir dimana keberadaan surat dan status kepemilikan menjadi hal yg perlu diketahui. Anda juga dapat memeriksa keaslian dokumen dengan menghadirkan notaris yg berwenang. Sedangkan untuk perbandingan harga dapat ditanyakan kepada agen properti atau melalui situs properti seperti Lamudi.

Cari Harga Rumah Dijual di Medan Lainnya 

Rp 200.000.000 Rp 300.000.000 Rp 400.000.000 Rp 500.000.000
Rp 600.000.000 Rp 700.000.000 Rp 800.000.000 Rp 900.000.000

 

Pilihan Fasilitas Rumah Dijual di Medan Lainnya

       Garasi                  Taman                Kolam Renang   Keamanan 24 Jam
Balkon  Pagar   Kitchen Set   Pendingin Ruangan (AC) 

 

Harga Rata-Rata Rumah Dijual di Medan

Tipe Rumah Harga Rumah (Rp7,247,631/m²)
Type 21 152,200,251
Type 36 260,914,716
Type 45 326,143,395
Type 56 405,867,336
Type 65 471,096,015
Type 70 507,334,170
Type 96 695,772,576
Type 120 869,715,720

Memuat Hasil