10

Tanah Dijual di Gorontalo - Jual Beli Tanah Kavling | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter Clear All
  1. Gorontalo
  2. Lahan
  3. Jual
Lihat listing serupa di area Anda
1 listing

Jual Beli Tanah Gorontalo Kian Meningkat Juga Prsopektif Bagi Investor

Terbentuk pada 5 Desember 2000 silam, Provinsi Gorontalo bisa dibilang termasuk ke dalam provinsi yang paling baru lahir di Indonesia. Berdasarkan Undang – Undang, provinsi Gorontalo adalah provinsi ke 32 di Indonesia. Luas wilayah Gorontalo sendiri adalah sekitar 12.435 kilometer persegi dan sudah dihuni oleh 1.133.237 jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2016 lalu. Dengan begitu, tingkat kepadatan penduduk di provinsi ini adalah sebesar 88 jiwa per kilometer persegi. Hingga kini, Provinsi Gorontalo dikenal sebagai salah satu contoh pemekaran daerah yang sukses di mata masyarakat. Provinsi ini pun tidak berbeda dengan provinsi lain yang juga memiliki julukan, salah satu di antaranya adalah “Bumi Serambi Madinah” dan “ Bumi Maleo”.

Sejak dulu, Gorontalo sudah dikenal sebagai salah satu daerah penting dalam jalur perdagangan. Hingga kini, perekonomian Provinsi Gorontalo pun nyatanya memang tidak lepas dari sektor perdagangan, pertanian, serta perikanan. Ketiganya memberikan kontribusi yang besar bagi pendapatan daerah. Pemerintah juga tidak tinggal diam dengan ketiga sektor tersebut, melainkan terus memberikan inovasi untuk mewujudkan Gorontalo menjadi provinsi metropolitan, beberapa di antaranya adalah:

  • Pengembangan tanaman pangan dan diversifikasi pangan
  • Pengembangan agropolitan menuju satu juta ton jagung

Selain itu, kesempatan pengembangan potensi Gorontalo juga masih terbuka lebar di berbagai bidang, contohnya bidang agrobisnis seperti perkebunan, agroindustri seperti produksi minyak kelapa juga pertambangan. Sebagian besar wilayah Gorontalo sampai detik ini memang dimanfaatkan untuk industri – industri tersebut, dan hal ini menjadikan investasi tanah dijual di Gorontalo kemudian semakin menjanjikan. Melihat dari pemanfaatan lahan dan jumlah penduduk yang masih wajar, tidak heran apabila pembagian antara penggunaan lahan untuk pemukiman dengan penggunaan lahan untuk perkebunan, pertanian, juga bisnis lain masih seimbang.

Harga jual tanah Gorontalo pun ikut terus meningkat sebab itu. Lahan kavling pun menjadi komoditi bisnis properti menggiurkan. Harga per meter turut terkerek naik, meskipun jika dibandingkan dengan tanah dijual di Ibukota harganya masih terpaut jauh. Atau bila dibandingkan dengan tanah dijual di Purwakarta yang sama – sama merupakan wilayah industri pun masih jauh tertinggal. Tetapi bila dilihat dari sisi pembeli, tentu dijual tanah Gorontalo memberikan keuntungan tersendiri sebab harganya masih murah sementara, potensi yang disimpan cukup besar.

 

Beli Tanah Gorontalo Bisa Secara Tunai atau Kredit, Keduanya Menguntungkan

Berikut adalah beberapa opsi untuk jual beli tanah di Gorontalo yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk beli lahan. Opsi pertama adalah sebidang lahan di Kompleks Pom Bensin Limboto. Dengan luas 6.363 meter persegi, kavling tersebut hanya dibanderol 1 miliar Rupiah saja. Sertifikatnya sudah hak milik, cocok dibangun supermarket, perumahan atau kompleks rumah toko (ruko). Lokasi sangat prospektif, berada di pinggir jalan besar yang berkembang dengan cepat.

Di Jalan Taman Surya Dembe II juga terdapat sebidang kavling besar dijual. Harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan opsi pertama, namun letaknya juga jauh lebih menjanjikan. Pinggir jalan, dengan lebar depan kurang lebih 38 meter. Tanah ini bisa dibangun kompleks ruko sebagai sentra bisnis dan perdagangan. Bisa juga dibangun rumah sakit atau pun kompleks perkantoran. Daerah sekitar sudah ramai dan padat oleh gedung – gedung serta aktivitas penduduk. Ditambah, lahan ini sudah memiliki surat berupa SHM.

Di dekat lahan proyek Gorontalo Outer Ring Road, terdapat sebidang lahan bersertifikat AJB (Akta Jual Beli) seluas 10.000 meter persegi dengan banderol 30 miliar Rupiah. Letaknya mudah dijangkau dari manapun, mengingat memang tak jauh dari proyek strategis Jalan Lingkar Luar Gorontalo. Dalam 5 tahun ke depan, dipastikan harganya akan melonjak tajam apalagi berada dekat pusat pemerintahan pula. Nilai tambah lainnya adalah, tanah ini juga sangat dekat dengan fasilitas kesehatan yakni Rumah Sakit. Jadi ketika satu saat tanah ini sudah dibangun, tentu jarak dan kelengkapan fasilitas menjadi faktor yang turut mendongkrak harga jual.

Ingin beli lahan luas murah premium? Di Tilongkabila – Gorontalo, terdapat tanah kosong seluas 30.000 meter persegi dijual dengan banderol 2.5 juta Rupiah saja per meter persegi. Jika ditotal, harga untuk keseluruhan adalah 75 miliar Rupiah. Cocok dibangun pemukiman baru, atau apartemen. Cara pembayaran bisa dengan cash atau kredit dengan fasilitas bank. Tak perlu ragu mengenai aksesibilitas dan juga akses karena sudah dijamin aman. Untuk investor menengah, bisa membeli tanah ini kemudian diinvestasikan lalu dijual lagi per kavling beberapa tahun mendatang agar bisa dapat untung berlimpah. Apalagi, menanam modal di bidang properti termasuk tanah merupakan kegiatan bisnis yang risikonya kecil dan tak akan pernah rugi, mengingat kebutuhan meningkat namun jumlah terus menipis.

Memuat Hasil