102

Rumah Dijual di Balikpapan Termurah dan Terlengkap | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter Hapus semua
  1. Balikpapan
  2. Rumah
  3. Jual
  • Lokasi
  • Tipe Penawaran
  • Harga ( Rp )
    -
  • Jenis Properti
  • Subkategori
  • Ukuran Gedung
    -
  • Luas Tanah
    -
  • Kamar tidur
  • Kamar Mandi
  • Fasilitas

Memuat Hasil

Pilihan Harga Rumah Dijual di Balikpapan Lainnya 

Rp 200.000.000 Rp 300.000.000 Rp 400.000.000 Rp 500.000.000
Rp 600.000.000 Rp 700.000.000 Rp 800.000.000 Rp 900.000.000

 

Pilihan Fasilitas Rumah dijual di Balikpapan Lainnya

Garasi Taman Kolam Renang Keamanan 24 Jam
Balkon  Pagar Kitchen Set  Pendingin Ruangan (AC)

 

Tentang Kota dan Potensi Bisnis Rumah Dijual di Balikpapan

Balikpapan merupakan kota kedua terbesar setelah Samarinda dKalimantan Timur. Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara disebelah utara, dibagian selatan bersebelahan dengan Selat Makassar, diBarat dengan Kabupaten Penajam Paser Utara dan diTimur dengan Selat Makassar.

Balikpapan memiliki luas mencapai 503 km2 dengan tingkat populasi mencapai 735.850 jiwa dan kepadatan 1.360/km2. Secara administratif kota ini memiliki 6 kecamatan dan 34 kelurahan. Kecamatan terpadat berada pada Balikpapan Utara dengan jumlah penduduk mencapai 134.146 jiwa, sedangkan luas wilayah terluas ada pada Kecamatan Balikpapan Barat dengan wilayah terluas mencapai 179.95 km2.

Perekonomian Balikpapan merupakan yang terbesar diPulau Kalimantan dengan total Produk domestik regional bruto (PDRB) mencapai Rp 79,65 triliun. Karena merupakan dengan laju perekonomian tertinggi, tak heran biaya hidup dikota ini menjadi yang termahal se Indonesia, ini disebabkan dengan rata-rata pendapatan warga dikota sana cukup tinggi.

Tulang punggung perekonomian kota ini berasal dari industri minyak dan gas, perdagangan dan jasa. Komoditi-komoditi khas yang menjadi unggulan diKota Balikpapan diantaranya dari sektor pertanian yaitu pepaya mini, karet, salak, nanas. Sementara dari sektor Industri diantaranya industri kerajinan manik-manik dan batu permata, industri rumput laut.   

Stabilnya perekonomian kota juga akhirnya mendorong pergerakan bisnis properti disana, salah satunya adalah bisnis rumah dijual di Balikpapan. Jika Anda datang ke Kota Minyak tersebut maka akan banyak melihat beragam proyek perumahan mulai dari skala menengah hingga besar dengan luas lahan mencapai puluhan hektar.     

Saat ini diBalikapapan banyak pengembang besar yang datang dan membangun hunian disana, mulai dari Agung Podomoro Land (APLN), Ciputra Group hingga Sinarmas Land. Kondisi ini pun akhirnya membuat harga rumah dijual di Balikpapan semakin naik, rata-rata kenaikannya bisa mencapai 15% per tahun. Kondisi ini tentunya disambut baik oleh para investor, karena mereka bisa mengambil keuntungan dari capital gain.  

Perkembangan perkotaan Balikpapan saat ini sudah tidak tergantung lagi dengan ibu kota provinsi Samarinda, harus diakui saat ini disana telah banyak dibangun beragam fasilitas umum yang begitu lengkap, seperti pusat perbelanjaan, pusat hiburan, pusat pendidikan sarana transportasi umum dan lain sebagainya.      

Menggeliatnya bisnis properti disana ternyata mendorong laju perekonomian Balikpapan, karena sektor ini merupakan penyumbang terbesar realisasi investasi disana. Kebutuhan tempat tinggal, ruang ritel, fasilitas hiburan, dan perhotelan kian menguat seiring intensitas bisnis jasa dan perdagangan.

Saat ini pembangunan kota Balikpapan telah banyak berdiri proyek dengan konsep mixed use berskala besar, pemerintah kota membuka kesempatan kepada pengembang untuk “mempercantik” kota mereka. beragam jenis properti tumbuh subur disini, mulai dari  perumahan, ruko, hotel, apartemen, pusat belanja, dan perkantoran berdiri dengan megahnya

Tren Pencarian Rumah Dijual di Balikpapan      

Tahun  Jumlah Pencarian Rumah Dijual Persentase Kenaikan  
2015 8.235  -  
2016 8.925 8.3%  
2017 9.552 7%  
2018  10.122 5.9%  

 

Tahun 2018, portal properti melakukan survei terhadap para pencari properti dengan menggunakan Google, dari sana dapat diketahui ternyata minat membeli rumah dijual dikota Balikpapan terus meningkat. Seperti pada tahun 2015 ada 8.235 orang yang ingin mencari informasi tentang rumah disana, kemudian pada tahun 2016 naik menjadi 8.925 atau meningkat 8.3%, tahun 2017 menjadi 9.552 orang meningkat 7% dan tahun meningkat kembali menjadi 5.9% atau sebesar 10.122 orang.

Ada banyak faktor yang membuat mengapa, banyak orang yang tertarik untuk membeli rumah dijual di Balikpapan. Salah satunya karena kota ini banyak berada perusahaan migas yang mempekerjakan karyawan lokal atau pun asing. Kondisi pun akhirnya membuat permintaan akan hunian sangat tinggi disana. Rata-rata para pembeli rumah mencari hunian dengan harga 500 juta rupiah hingga 1 miliar.    

Potensi perkembangan properti diBalikpapan juga semakin cerah seiring dengan dibangunnya sarana infrastruktur disana. Seperti pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda yang dapat mempercepat waktu tempuh perjalanan menuju Samarinda. Kota Balikpapan juga semakin berpotensi bagi para investor properti, karena Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD) akan mengembangkan 19 persen lahan diwilayah timur dan utara kota menjadi kawasan hunian.

Infrastruktur Pendorong Bisnis Rumah Dijual di Balikpapan

Ketersediaan infrastruktur dan transportasi massal merupakan faktor utama pendukung menggeliatnya bisnis properti di sana. Nah, bagi Anda yang berencana untuk membeli rumah dijual dikota Balikpapan berikut ini adalah daftar infrastruktur diBalikpapan.      

  • Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman

Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman berada didaerah Sepinggan, tempat ini secara komersial dibuka pada tahun 1997 dan menjadi bandara terbesar ke empat diIndonesia. Tempat ini memiliki luas mencapai 300 hektar dan melayani perjalanan baik antar provinsi hingga luar negeri.

  • Tol Balikpapan-Samarinda

Tol Balikpapan-Samarinda dibangun sepanjang 99.35 km, jalan ini merupakan jalur bebas hambatan pertama yang dibangun diPulau Kalimantan. Kehadiran tol ini akan mempersingkat perjalan menuju Samarinda yang tadinya 4 jam sekarang bisa menjadi 1 jam. Jalan tol ini memang sengaja dibangun untuk meningkatkan perekonomian dan pemerataan pembangunan antar kota.

Memilih dan Mencari Rumah Dijual di Balikpapan

Rumah Dijual di Balikpapan

Keindahan alam yang berpadu dengan romantisme kota modern membuat Balikpapan menjadi salah satu tujuan tempat tinggal ideal. Jumlah populasi di kota seluas 503,3 kilometer persegi ini terbilang belum padat, yaitu kurang dari 1 juta jiwa lebih. Meski begitu tanda-tanda pengembangan kota metropolitan nampak dari pembangunan sejumlah infrastruktur dan bangunan bertingkat. Bahkan sejumlah pengamat memprediksi kalau kota ini telah memenuhi kriteria kota metropolitan. Dengan pertumbuhan tahunan lebih dari 9% pada 2013, menjadikannya sebagai salah satu daerah dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Sehingga tidak lama lagi akan banyak pendatang yang memilih untuk menghuni kota ini atau melakukan investasi jual beli rumah di Balikpapan.

Permintaan Unit Jual Rumah di Balikpapan

Kebutuhan masyarakat kota yang memiliki maskot beruang madu ini akan rumah dijual di Balikpapan memang terbilang cukup mendesak, dimana masih banyak yg memilih untuk mengontrak unit residensial sebagai alternatifnya. Pengadaan sumber daya alam dan lahan terbatas dapat menjadi salah satu penghambat pembangunan. Namun belakangan ini sejumlah developer banyak yg mengembangkan sayap bisnisnya di kota Beriman (Bersih, Indah, Aman, Nyaman) ini.

Sedangkan dengan permintaan unit jual rumah Balikpapan dan daya beli nan tinggi justru membuat roda bisnis properti terus bergerak maju. Didukung dengan pusat kegiatan ekonomi, industri, pelabuhan laut dan bandara internasional Sepinggan Baru yang memuat kapasitas 10 juta penumpang pertahun dapat menderek nilai strategis kawasan. Kelengkapan fasilitas maupun infrastruktur kegiatan publik yang tinggi di kota ini juga dapat mendorong kegiatan bisnis regional lebih aktif lagi.

Keberadaan Sejumlah Area Sterategis Rumah Dijual di Balikpapan

Perumahan Balikpapan

Kota Minyak memiliki perbedaan halnya dengan Samarinda sebagai ibukota yang terfokus dirancang sebagai pusat pemerintahan dan administrasi dan industri pariwisata. Di lain sisi, kota pelabuhan di Kalimantan Timur ini merupakan lokasi pertemuan beberapa wilayah sekitarnya untuk Kegiatan bisnis dan ekonomi. Sebagai sentra bisnis maka kota ini lebih strategis untuk berbisnis ataupun bertempat tinggal.

Beberapa area perumahan di Balikpapan yg dapat menjadi pilihan unit mewah ialah Citra Bukit Indah garapan Ciputra Group disini harga jual rumah dibanderol Rp 14 juta per meter persegi. Lokasinya strategis dekat dengan sejumlah fasilitas publik mendongkrak harga jual rumah di Balikpapan. Lokasi lain berada di Karang Joang dengan Perumahan Casa Green De Residence yang memiliki kisaran rumah dijual dengan harga 300 juta untuk tipe 45. Pilihan unit lain dapat ditemukan di Melati Bintang Residence untuk tipe 50 hingga tipe 80.

Namun tak semua unit rumah di Balikpapan menawarkan harga selangit, sejumlah cluster perumahan murah yang harganya dapat disesuaikan dengan anggaran dapat menjadi pilihan. Sejumlah developer lokal masih menawarkan rumah murah di Balikapapn dengan harga terjangkau, pilihannya jatuh pada area Mulawarman dimana harga huniannya masih berada pada kisaran 3 juta per meter perseginya. Alternatif lainnya dapat Anda temukan di kawasan Sepinggan yang menawarkan perumahan rakyat dengan kisaran harga 5 juta Rupiah kebawah per meter persegi.

Harga Rumah Dijual di Balikpapan

Membeli rumah merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup seseorang. Banyak hal melatar belakanginya, mulai dari segi ekonomi, pekerjaan, keamaanan, lingkungan, hingga kenyamanan. Namun sebagai faktor utama ialah terkait harga. Harga rumah dijual terus mengalami peningkatan tiap tahunnya, hal ini dikarenakan jumlah ketersediaan lahan tetap sedangkan jumlah masyarakat terus meningkat dari hari ke harinya. Sebab itulah mengapa membeli rumah membutuhkan perjuangan besar.

Harga sebuah hunian memang beragam, banyak faktor melatar belakanginya. Mulai dari lokasi, apakah dipinggir jalan atau masuk kedalam. Bagaimana jangkauan dari fasilitas umum terdekat, seperti sekolah, kesehatan hingga sarana olah raga. Bahkan faktor mistis juga bisa mempengaruhinya, misalkan saja rumah angker atau berpenghuni makhluk halus akan menurunkan harganya. 

Sebagai gambaran umum dalam menawar atau mentaksir kisaran harga. Berikut adalah rata-rata harga rumah dijual di Balikpapan. Semoga dapat membantu juga mempermudah dalam menawar harga. Agar Anda serta keluarga tercinta bisa memperoleh rumah idaman dalam kisaran harga pantas.

Tipe Rumah Harga Rata-Rata Rumah (Rp3,177,206/m²)
Type 21 65,461,326
Type 36 112,219,416
Type 45 140,274,270
Type 56 174,563,536
Type 65 202,618,390
Type 70 218,204,420
Type 96 299,251,776
Type 120 374,064,720