118

Rumah Dijual di Menganti, Surabaya

Urutkan dari:
Beralih ke Tampilan Peta

Memuat Hasil

Tentang Daerah & Potensi Investasi Rumah Dijual di Menganti 

Menganti merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Gresik , Jawa Timur. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Surabaya disebelah timur, kemudian selatan dengan Kecamatan Driyorejo, dibagian utara dengan Cerme dan bagian barat dengan Kedamean. 

Secara administratif daerah ini terbagi menjadi 22 desa, jumlah penduduk di Menganti mencapai 121.266 orang, mayoritas penduduk disana berprofesi sebagai petani. Kawasan tersebut memang sejak lama dikenal sebagai lumbung padi dan penyuplai padi untuk dikawasan Gresik, salah satu kawasan penghasil padi disana adalah Desa Kepatihan dan Desa Pengalangan. 

Selain pertanian, industri dan perdagangan kawasan tersebut sebenarnya juga sangat cocok untuk pengembangan bisnis properti, salah satunya adalah bisnis jual beli rumah. Salah satu faktor yang membuat mengapa bisnis hunian dijual dikawasan Menganti cukup menjanjikan adalah, kontur tanah dikawasan ini datar, bukan tanah lempung atau tanah liat. 

Selain karena kondisi alam, harga hunian dijual dikawasan ini cukup murah, jika dibandingkan dengan daerah penyangga lainnya disekitaran Kota Surabaya, makanya tak heran daerah Menganti bisa dijadikan lokasi favorit pencarian hunian murah, terutama bagi mereka para pencari tempat tinggal pertama.  

Tren Pencarian Iklan Rumah Dijual di Menganti

Tahun  Jumlah Pencarian Rumah Dijual Kenaikan Pencarian Rumah Dijual
2015 525  -
2016 690  21%
2017 720 7% 
2018  880  22% 

Meningkatnya pencarian rumah dikawasan ini memang tidak terlepas dari “seksinya” kawasan  Menganti. Daerah ini sangat dekat Surabaya sebagai ibu kota Jawa Timur, sehingga bisa dijadikan tempat pencarian hunian terjangkau jika memang harga hunian dikawasan Surabaya kini dianggap sangat mahal. Kondisi ini pun akhirnya juga membuat banyak pengembang yang mulai mengembangkan proyek properti pada kawasan Kabupaten Gresik sebagai kabupaten dari Kecamatan Menganti.      Berdasarkan data portal properti Lamudi menyebutkan tren pencarian hunian dijual dikawasan Menganti setiap tahunnya terus meningkat. Contohnya pada tahun 2015 ada 525 orang yang melihat iklan jual rumah dikawasan tersebut melalui Google. Kemudian periode 2016 meningkat kembali menjadi 690 orang, periode 2017 menjadi 720 pencari. Terakhir tahun 2018 menjadi 880 orang. 

Contohnya seperti PT Raya Bumi Nusantara Permai (RBNP) yang mengembangkan proyek mixed used pada daerah Gresik, proyek tersebut dibangun dengan dana mencapai Rp 1,4 triliun, disana pihak pengembang membangun perumahan mewah, hotel, apartemen hingga pusat perbelanjaan.

Belakangan banyak developer yang membangun proyek properti pada kawasan Menganti karena daerah ini dianggap lebih potensial dan ‘menjual’ ketimbang Sidoarjo dari sisi bisnis usai tragedi lumpur Lapindo. Selain itu, pertumbuhan ekonomi Gresik juga diatas rata-rata kota/daerah lain di Jawa Timur, sekitar 6 persen hingga 7 persen. 
 

Harga Jual Rumah di Menganti 

Tahun  Harga Jual Rumah * Kenaikan Harga Rumah Dijual 
2015 7.320.000 -
2016 8.132.322 11% 
2017 9.245.674 13% 
2018  10.134.599 10% 

Harga Jual Rumah * 

Berdasarkan data Lamudi, harga rumah dijual di Menganti setiap tahunnya terus merangkak naik, seperti pada tahun 2015, harga rumah disana sebesar 7.32.000 per meter, kemudian periode 2016 menjadi 8.132.322 per meter persegi, tahun 2017 menjadi 9.245.674 per meter, kemudian tahun 2018 menjadi 10.134.599 per meternya atau meningkat sekitar 10% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Naiknya harga rumah dikawasan tersebut memang tidak terlepas dari meningkatnya pengembangan infrastruktur disana, pemerintah Kabupaten Gresik belakangan memang telah menggenjot pembangunan infrastruktur disana, baik dalam bentuk perbaikan atau pembuatan jalan yang baru. Untuk tahun ini saja pemkab telah menyiapkan dana sekitar 600 miliar untuk pembangunan infrastruktur.      

Fasilitas Umum

Keberadaan fasilitas umum seperti transportasi publik, pusat pendidikan, pusat perbelanjaan dan rumah sakit menjadi salah satu faktor pendorong minat seseorang untuk membeli rumah dijual. Nah, bagi Anda yang ingin mencari rumah dijual murah di Menganti berikut ini adalah daftar fasilitas umum yang tersedia disana. 

Rumah Sakit 

Nama  Alamat 
RS. Surya Medika Jl. Lakarsantri No.58, Laban Wetan, Laban, Kabupaten Gresik
RSI Cahaya Giri Gresik Jl. Raya Bringkang No.90-94, Talun, Bringkang
RS Eka Husada  Jl. Raya Sido Mulyo, Sidomulyo, Hulaan,Jawa Timur

Pusat Pendidikan 

Nama  Alamat 
STAI Al-Azhar Krajan Gg. 7 Krajan No.474, Krajan,Jawa Timur 
Universitas Ciputra Surabaya Citraland CBD Boulevard, Kec. Sambikerep, Surabaya

Pusat Perbelanjaan 

Nama  Alamat 
Pasar Menganti Krajan Gg. 7 Krajan No.474, Krajan,Jawa Timur 

Transportasi Umum 

Nama  Alamat 
Pasar Menganti Jalan Raya Menganti depan taman, Kabupaten Gresik