258

Tanah Disewakan di Surabaya

Urutkan dari:

Memuat Hasil

Tren Harga Sewa lahan di Surabaya

Biaya rata-rata yang diperlukan untuk mengontrak atau sewa lahan di Surabaya adalah sebesar Rp 194.000.000 per bulan, atau bisa diartikan bahwa harga sewa per meternya adalah Rp . Acuan data tersebut tentunya bisa membantu Anda dalam mencari harga terbaik saat ingin menyewa atau kontrak lahan di Surabaya. Namun tentu saja, Anda tetap perlu memperhatikan bahwa harga sewa sebuah properti dapat dikatakan mahal atau murah karena dipengaruhi juga oleh luas bangunan serta lokasinya.

Diketahui juga dari index harga di dalam database Lamudi bahwa, rata-rata harga sewa di Surabaya mengalami penurunan sebesar -8.49%. Dan jika data ini dibandingkan dengan data satu tahun yang lalu, maka dapat diketahui telah terjadi penurunan sebesar -8.49%.

Berlandaskan data tersebut, bisa kita simpulkan bahwa lahan yang disewakan di Surabaya mengalami perubahan yang wajib kita perhitungkan.

Hal lain yang perlu diingat juga adalah, bahwa nilai sewa lahan perbulan dalam suatu daerah bisa mengalami perubahan dikarenakan oleh pertumbuhan tingkat ekonomi daerah tersebut. Umumnya perubahan harga hanya terjadi satu kali dalam setahun. Oleh sebab itu, perlu dilihat perubahannya dalam rentang waktu yang panjang untuk menganalisis potensi suatu daerah. Jadi, untuk rentang waktu selama 12 bulan, biasanya harga akan cenderung stabil. Cek harganya disini: Harga 3 bulan lalu adalah Rp , 6 bulan lalu adalah Rp , dan 12 bulan lalu adalah Rp .

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk pindah dan tinggal dalam kawasan baru, pastikan untuk melakukan survei atau bertanya pada orang sekitar. Anda bisa mengetahui plus-minusnya jika Anda memilih untuk tinggal di Surabaya.

Surabaya merupakan daerah yang ideal untuk ditinggali, hal ini dikarenakan kota ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan Anda dan tidak membutuhkan budget yang terlalu besar. Disisi lain, lingkungan yang nyaman menawarkan keseimbangan hidup dan masa depan yang lebih cerah.

Lahan di Surabaya

Lahan Sewa di Surabaya Makin Diminati

Dinamika roda perekonomian di Surabaya ikut mendorong aktivitas bisnis, perdagangan, dan industri di dalamnya. Kebutuhan lahan pun pun semakin dibutuhkan, tak hanya untuk tanah yang dijual, melainkan juga kebutuhan untuk disewa dalam kurun beberapa waktu. Banyak pebisnis dan pengusaha yang membutuhkan unit lahan sewa untuk mendirikan unit ruko, restaurant, kafe, supermarket, minimarket, pabrik, dan unit gudang. Tak hanya itu, kebutuhan rental juga dimanfaatkan untuk mengolah tahan produktif seperti pertanian, perkebunan, juga perikanan. Tak hanya itu, sejumlah perusahaan juga ada yang mencari unit rental untuk keperluan pemasangan iklan dan mendirikan tower BTS untuk keperluan provider telekomunikasi. Hal ini terbilang cukup menguntungkan karena biasanya perusahaan tersebut bisa menyewa sebidang tanah dalam kurun waktu yang terbilang cukup lama, seperti kisaran 5 tahun, atau bahkan 10 tahun sekaligus dengan nilai yang cukup tinggi.

Sejumlah kawasan di jantung provinsi Jawa Timur ini pun memberikan prospek yang menjanjikan untuk pertumbuhan bisnis.

Lahan di Surabaya
  • Area Ambengan, Baliwerti, Basuki Rachmat, Jalan Diponegoro, dan Dinoyo adalah area di pusat kota yang menjadi sentra untuk kawasan bisnis. Di sini banyak dipilih sejumlah kalangan untuk membuka unit komersial, seperti kantor, rukan, dan ruko. Lokasi yang strategis, ditunjang dengan kelengkapan fasilitas dan infrastruktur, serta sarana jalan yang memadai membuat kawasan ini jadi favorit untuk memburu kavling meskipun harga sewa cukup tinggi. Harga sewa kavling di kawasan ini mencapai 800 ribu sampai 2 jutaan per meter persegi pertahun.
  • Wilayah seperti di Gubeng, Sukolilo, dan Rungkut yang berada di area Timur merupakan kawasan strategis yang banyak diminati karena lokasinya cukup dekat ke pusat kota, banyak universitas ternama seperti Universitas Airlangga, dekat dengan pusat niaga, dan beberapa pusat perbelanjaan terkemuka seperti Galaxy Mall, juga Surabaya Town Square. Di wilayah ini pun banyak kawasan hunian seperti Pantai Mentari, Galaxy Bumi Permai, dan Manyar Indah. Kebutuhan rental banyak ditujukan untuk properti komersial, pemasangan reklame, dan unit pergudangan.
  • Kawasan Barat yang didominasi dengan kawasan hunian kelas menengah atas merupakan wilayah di Kota Pahlawan dengan kemajuan yang cukup pesat baik untuk ketersediaan prasana, infrastruktur, akses jalan serta fasilitas publik. Kawasan ini pun telah menjadi kota mandiri dengan berbagai fasilitas yang menunjang gaya hidup modern, baik dari pusat perbelanjaan elit, gym, padang golf, dan sarana rekreasi. Beberapa lokasi strategis di wilayah ini ada di bilangan HR Muhammad, Dukuh Kupang, serta beberapa kawasan hunian premium di Citraland, Pakuwon Indah, dan Darmo Permai.