5164

Tempat Usaha Disewakan di Surabaya | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Surabaya
  2. Komersial
  3. Sewa

Sewa Properti Komersial di Surabaya

ruko dijual di surabaya

Pergerakan roda perekonomian di kawasan Kota Pahlawan yang tumbuh pesat banyak dipengaruhi dengan produktivitas sektor bisnis, perdagangan, jasa, dan industri dalam kawasan ini. Kondisi tersebut juga menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan pasar properti komersial. Tak mengherankan jika selain rumah dan apartemen, permintaan unit sewa pada untuk unit kantor, rumah toko (ruko), rumah kantor (rukan), toko, kios, pabrik dan gudang pun semakin meningkat.

Tahun 2018 lalu, Walikota Surabaya Tri Rismaharini jg mengatakan bahwa Surabaya mengalami peningkatan yg sangat pesat. Daya beli masyarakat melambung tinggi. Masyarakat berdaya beli rendah turun hingga hanya tersisa 8% saja sementara lainnya berdaya beli tinggi atau menengah. Hal tsb mau tidak mau juga makin mempengaruhi minat serta atensi sewa properti komersial Surabaya terutama sewa ruko Surabaya. Mengapa sewa ruko Surabaya? Sebab pasti bakal muncul banyak perusahaan membuka cabang juga bisnis kreatif pun lagi berkembang - berkembangnya disini. Sehingga yg paling masuk akal adalah tentu saja dgn cara sewa ruko Surabaya. Dilihat dr sisi ekonomi pun akan lebih efektif serta hemat bila cari sewa ruko atau cari ruko disewakan sebab biaya dibutuhkan jauh lebih kecil drpd harus kontrak kantor sementara ruko disewakan biasanya sdh berada pd lokasi yg mumpuni, ramai juga mudah dicari. Ruko disewakan pun memiliki peraturan kontrak lebih sedikit jika dibandingkan dgn kontrak kantor. Pun lebih banyak jumlah gedung kantor disewakan yg ukurannya sangat besar bila dibandingkan dgn ruko disewakan. Tidak cukup ekonomis tuk menampung bisnis atau kantor cabang dgn jumlah karyawan tak begitu banyak. Ruko adalah jawaban paling tepat.            

 

Pasokan Rental Unit Kantor

Permintaan akan ruang kantor yang terus melaju tiap tahunnya juga ikut mempengaruhi kisaran harga sewa unit kantor yang naik mencapai 12,4% per tahunnya. Dari data survei Colliers International, harga sewa ruang kantor Surabaya mencapai Rp 60 ribu sampai Rp 160 ribu per meter persegi per bulan, diluar biaya servis. Harga sewa ini tergantung dari kondisi gedung, letak perkantoran, dan fasilitas. Kawasan perkantoran Kota Pahlawan pun banyak mengambil lokasi dalam kawasan Surabaya Pusat, seperti di area Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Tunjungan. Untuk perkantoran di kawasan Surabaya Timur, bisa dijumpai di sekitar area Kertajaya. Kawasan lain yang menjadi area tumbuhnya gedung perkantoran adalah kawasan Surabaya Barat. Hadirnya sejumlah pengembang terkemuka yang mengembangkan kawasan terpadu membuat pasokan unit perkantoran serta unit komersial pada kawasan ini juga bertambah guna menjawab kebutuhan sejumlah pihak. Beberapa kawasan bisnis dlm wilayah ini berlokasi pd bilangan HR Muhammad, kawasan perkantoran serta bisnis di Graha Family, kawasan terpadu One City dan perbelanjaan Supermal Pakuwon. Hadirnya sejumlah pusat perbelanjaan modern, lifestyle center, dan pusat kuliner Surabaya Barat pun ikut menambah pasokan untuk ruang ritel sewa yang banyak dibutuhkan pebisnis. Kisaran sewa unit retail di pusat perbelanjaan Surabaya berkisar di angka Rp 150 ribu per meter persegi.

 

Ruko Disewakan di Surabaya

ruko dijual di surabaya

Selain unit kantor, permintaan properti komersial seperti ruko disewakan di Surabaya pun sangat tinggi. Hal ini karena sebagian besar pebisnis dan pengusaha di kota ini masih memilih untuk menggunakan sewa ruko Surabaya sebagai ruang usaha atau kantornya. Harga ruko disewakan di Surabaya pun bervariasi dan dipengaruhi beberapa faktor, seperti lokasi strategis, tipe luas bangunan ruko,  dan spesifikasi bangunan. Kisaran harga ruko disewakan di Surabaya mulai dari Rp 60 jutaan sampai Rp 400 jutaan per unit.

Unit properti komersial lain selain sewa ruko Surabaya yang banyak dibutuhkan dalam lingkup kota ini adalah unit pergudangan karena untuk mendukung berbagai aktivitas industri dan perdagangan dalam kota Surabaya. Beberapa kawasan yang menyediakan unit gudang ada dalam kawasan Margomulyo dan Manukan dengan kisaran harga sewa unit gudang mulai dari Rp 150 juta sampai Rp 250 juta per tahun.

Gudang dekat pasar Wiyung berukuran 1000 meter persegi dibanderol harga sewa 150 jutaan saja per tahun. Legalitas berupa SHM sehingga sdh pasti aman dan terjamin hukumnya. Dimensi bangunan berukuran 15 x 30 meter, cukup buat sebuah usaha besar. Lahan parkirnya juga mumpuni, bisa buat parkir truk. Akses jalan sgt baik, tak perlu diragukan lagi. Kondisi bangunan pun bagus, tdk perlu khawatir mengenai fisik bangunan. Gudang disewakan tsb pun memiliki ceiling tinggi, jadi bisa disimpulkan sirkulasi udara sangat baik.

Ada satu lagi referensi gudang disewakan yg bisa dilirik, yakni gudang dekat food court Grand Pakuwon tepatnya Jalan Margomulyo Indah. Berbanderol harga sewa 120 jt Rupiah buat kontrak setahun, bangunan yng bisa didapat ialah sebuah bangunan gudang dgn luas total 400 meteran. Dekat sekali dgn food court Grand Pakuwon, letak sudah pasti strategis. Akses jg sudah tak pelru ditanya lagi, super mudah dari arah mana pun. Bahkan untuk menuju ke Tol Surabaya Gresik dr titik tsb pun tak membutuhkan waktu lebih dari 30 meit karena mmg letaknya dekat kemana - mana.

 

 

Memuat Hasil