15968

Properti Disewakan di East Java | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter Hapus semua
  1. East Java
  2. Sewa

Memuat Hasil

Pasar Sewa Jawa Timur Terus Merangkak Naik

Jawa Timur

Pasar real estate Jawa Timur yang tumbuh pesat juga menjadi ladang potensial bagi pertumbuhan ruang sewa di berbagai sektor. Dimulai dengan kebutuhan sebagian masyarakat akan tempat kontrakan yang biasanya datang dari sejumlah keluarga muda, pebisnis yang hanya sementara waktu tinggal di suatu kota, juga mahasiswa dari daerah lain. Kebutuhan akan unit properti menjadi peluang menjanjikan bagi pemilik, dimana dari aset yang dimilikinya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai investasinya dengan cara menyewakan aset tersebut kepada pihak lain.

Residensial dan Perkantoran

Sejumlah kota di Jawa Timur yang menjadi banyak dicari sebagai lokasi residensial adalah Malang, Gresik, SidoarjoMojokerto, Pasuruan, dan Jember. Sedang untuk kawasan Surabaya, jenis properti seperti ini terpusat di wilayah Timur dan Barat. Kawasan tersebut merupakan kawasan bisnis serta relatif dekat dengan beberapa universitas ternama. Kisaran rental untuk hunian disini mulai Rp 1,5 juta per bulan. Sementara untuk apartemen, tarif kontrak per bulan mulai Rp 2,5 juta per bulan, sedangkan pada jenis apartemen di kawasan bisnis terpadu di kota utama di Jawa Timur ini bisa mencapai Rp 19 juta per bulan.

Pertumbuhan ekonomi dan bisnis di jantung Timur pulau Jawa juga meningkatkan permintaan jenis perkantoran. Meskipun permintaan rental kantor di gedung perkantoran atau gedung pencakar langit di Kota Pahlawan masih tidak segencar di Jakarta, namun saat ini pertumbuhannya cukup menjanjikan. Sumber dari Colliers International Indonesia menyatakan akan terdapat 17 proyek baru yang akan dibangun di kawasan pusat Kota Pahlawan ini. Sementara kisaran tarif sewa kantor berkisar Rp 55 ribu-Rp 125 ribu per meter persegi per bulan.

Ruko & Lahan

Jawa Timur

Tak hanya rumah, kantor, dan apartemen saja yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis rental. Juga seiring dengan pertumbuhan pusat hiburan di sejumlah titik, ruang retail yang terdapat di pusat perbelanjaan pun terus mengalami peningkatan akan permintaan sewa. Dari survei yang dilakukan Colliers International, tarif di beberapa mal berkisar antara 150 ribu sampai 700 ribu Rupiah per meter persegi per bulan.

Lonjakan permintaan untuk komersial yang lain terjadi pada ruko (rumah toko). Sejumlah proyek ruko di beberapa kota pun laris diburu peminat ruang usaha. Hal ini tampak di beberapa kawasan seperti Surabaya, Malang, Sidoarjo, dan Jember. Untuk di lokasi strategis di Kota Pahlawan, kisaran tarif untuk ruko mulai Rp 120 juta per tahun.

Proses bisnis dan perdagangan di Jawa Timur juga diikuti dengan meningkatnya permintaan pergudangan, seperti di area Surabaya dan Gresik. Selain itu tanah dan lahan kavling di beberapa wilayah juga banyak diminati untuk digunakan sebagai lahan untuk mendirikan unit bisnis.