33548

Tanah Dijual di East Java - Jual Beli Tanah Kavling | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. East Java
  2. Lahan
  3. Jual

Peluang Investasi Tanah di Wilayah Jawa Timur

Lahan di Jawa Timur

Kebutuhan untuk mengembangkan pertanian atau peternakan, membangun hunian, mendirikan toko, ruko, kios retail, mengembangkan proyek properti, serta untuk jual beli dan sewa, menjadi latar belakang bagi investor yang ingin membeli lahan. Terlebih lagi jika menilik peta pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur yang menunjukkan progres positif menambah keoptimisan tersendiri bagi kalangan yang ingin menanamkan investasi tanah di wilayah ini.

Fasilitas dan Infrastruktur Ikut Menentukan

Melihat pergerakan harga lahan di wilayah Surabaya, serta kawasan sekitarnya yakni Sidoarjo dan Mojokerto, tercatat pertumbuhan yang cukup signifikan, yakni antara 18%-20%. Hal ini bisa ditemui di sejumlah kawasan dimana wilayah sekitarnya telah mengalami perkembangan pesat, baik dari fasilitas, infrastruktur, dan sarana jalan. Bahkan di sekitar kawasan pemukiman yang telah dikelilingi dengan sederet fasilitas dan infrastruktur yang memadai, harga lahan juga bisa meningkat lebih drastis. Sebagai contoh, kawasan di sekitar wilayah Surabaya Barat yang dekat dengan kawasan Pakuwon Indah dan Citraland mengalami lonjakan harga lahan yang signifikan.

Lonjakan harga lahan, juga biasa ditemui di area yang sedang dalam perencanaan untuk pembangunan infrastruktur atau fasilitas publik. Seperti yang terjadi di Mojokerto pada lahan yang berada di sekitar pembangunan proyek jalan tol Surabaya-Mojokerto. Tak hanya di sekitar proyek jalan tol, perkembangan pesat wilayah Mojokerto juga diterlihat dengan munculnya sejumlah proyek hunian dan properti komersial yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan tersebut. Situasi inilah yang yang membuat harga tanah di sekitarnya pun ikut terderek naik.

Lahan di Malang Makin Menjanjikan

Lahan di Jawa Timur

Kota lain yang menunjukkan prospek menjanjikan untuk membidik investasi lahan adalah di Malang. Pesatnya pertumbuhan ekonomi, pasar properti yang menggairahkan, serta berkembangnya kawasan industri dan bisnis di sejumlah lokasi di kota ini secara tidak langsung terus mendongkrak harga lahan di sebagian kawasan. Dari sumber Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) REI Jawa Timur Komisariat Malang Raya, Herry Mursyid Broto Sejati, rata-rata kenaikan harga tanah di kota Malang mencapai 30%. Bahkan kenaikan harga tanah bisa lebih dari 50% di sejumlah kawasan yang telah berkembang cukup pesat seperti di sekitar Jalan Soekarno Hatta.

Wilayah Batu, Malang juga merupakan wilayah yang cukup prospektif. Kawasan yang makin dipadati oleh sejumlah proyek pemukiman yang menyasar segmen konsumen menengah ke atas juga sederet vila dan hotel di wilayah ini juga terus mendongkrak harga tanah. Pembangunan sarana jalan tol di Malang-Pandaan serta tumbuhnya beberapa zona industri, yaitu di kawasan Tlogowaru dan Arjowinangun juga ikut menjadi katalisator  yang menggerakkan harga jual lahan di kota ini.

Memuat Hasil