7

Rumah Kontrakan di Jember Termurah & Strategis | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Jember
  2. Rumah
  3. Sewa
  • Lokasi
  • Tipe Penawaran
  • Harga ( Rp )
    -
  • Jenis Properti
  • Subkategori
  • Ukuran Gedung
    -
  • Luas Tanah
    -
  • Kamar tidur
  • Kamar Mandi
  • Fasilitas
Lihat listing serupa di area Anda
6 listing

Tentang Kota dan Potensi Bisnis Rumah Kontrakan di Jember


Jember merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur, lokasi berdekatan dengan dengan Probolinggo, Bondowoso diutara, kemudian Banyuwangi di Timur, Samudra Hindia dibagian Selatan dan Lumajang dibagian barat. Luas area kawasan ini mencapai 3.293.34 km2, dengan mayoritas lahannya adalah dataran rendah dan dataran tinggi.

Secara administratif Jember terbagi menjadi 31 kecamatan dengan jumlah penduduk mencapai mencapai 2.430.185 jiwa dengan tingkat kepadatan rata-rata 787.47 jiwa/km2 . Kawasan terpadat berada diKecamatan Wuluhan dengan jumlah warga 114.695 serta area Puger dengan jumlah penduduk 114.506 orang. Sementara yang paling sedikit berada diPakusari dengan total 31.962 orang serta Sukorambi 37.950 jiwa.

Pertumbuhan perekonomian di Jember terbilang cukup baik, hal itu dapat dilihat dari kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2018 mereka menyentuh angka 38%. Memang laju pergerakan ekonomi disana sempat melemah pada tahun 2017 kemudian kembali bangkit kembali. Sektor pertanian, perdagangan dan jasa tulang punggung

Untuk sektor perdagangan diJember saat ini mengalami peningkatan cukup pesat. Ini bisa dilihat dari pembangunan infrastruktur perdagangan yang cukup banyak diJember. Perekonomian kota ini banyak disokong oleh perdagangan, pertanian dan perkebunan. Di Jember terdapat banyak area perkebunan, sebagian besar peninggalan Belanda. Perkebunan yang ada dikelola oleh Perusahaan nasional PTP Nusantara, Tarutama Nusantara (TTN), dan Perusahaan daerah yaitu PDP (Perusahaan Daerah Perkebunan). Jember terkenal sebagai salah satu daerah penghasil tembakau utama di Indonesia.

Tidak hanya itu, belakangan perlahan tapi pasti bisnis properti di daerah ini cukup menggeliat, hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pembeli rumah yang kemudian mereka jual kembali atau sewakan. Bagi para investor daerah Jember dianggap sangat prospektif untuk menjalankan bisnis sewa rumah, hal tersebut dikarenakan peningkatan harga rumah kontrakan di Jember terus melaju drastis, kenaikannya bisa mencapai 20% pertahun.

Bisnis rumah kontrakan di Jember ini juga dianggap menguntungkan karena pasar sewa disana sudah terbentuk, calon penyewa mahasiswa baru yang berasal dari berbagai wilayah dari luar kota. Seperti diketahui jumlah universitas yang berada disana cukup banyak mulai dari Universitas Jember, Universitas Islam Jember, Politeknik Negeri Jember dan lain. Faktor lainnya adalah lokasi kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan persinggahan bagi para pebisnis yang ingin menuju area Jawa Timur.
Trend Pencarian Sewa Rumah di Jember

Tahun  Jumlah Pencari Rumah Kontrakan Kenaikan 
2015 1.320 --
2016 1.488 12%
2017 1.782 19% 
2018  1.945 9% 

 

Portal properti melakukan survei untuk mengetahui minat mencari  kontrakan melalui Google dikawasan Jember. Dari hasil survei tersebut diketahui ternyata minat untuk mencari kontrakan disana cukup tinggi. Contohnya pada tahun 2015 ada 1.320 orang berminat mencari kontrakan disana kemudian tahun 2016 ada 1.488 peminat inginkontrakan diJembar. Tahun 2017 kembali meningkat menjadi 1.782, disusul tahun 2018 menjadi 1.945 orang.

Mayoritas pencarian berminat untuk sewa kontrakan dikawasan Sumbersari, Kaliwates, Patrang, Sumber Sari, Ajung, Rambipuji, Mayang dan Arjasa. Mereka juga mencari ukuran rumah kontrakan minimalis yang tidak terlalu besar. Memiliki dua kamar dan satu kamar mandi, para peminat kontrakan ini juga didominasi oleh pasangan muda yang belum memiliki rumah dan mahasiswa.Kebanyakan pencari rumah kontrakan disana mengincar hunian dengan harga Rp 500 ribu perbulannya.

Harga Rumah Kontrakan di Jember

Tahun  Jumlah Pencari Rumah Kontrakan Kenaikan 
2015 Rp 350.000  --
2016 Rp 380.000 8%
2017 Rp 450.000  18%
2018  Rp 550.000  22%


Tentu bukannya tanpa sebab mengapa harga sewa rumah disana terus meningkat tajam, faktor yang paling mendukung adalah adanya maraknya pembangunan infrastruktur. Saat ini disana dibangun tol trans Jawa yang akan menghubungkan Situbondo - Bondowoso - Jember hingga Banyuwangi. Kehadiran tol ini tentunya akan mempercepat mobilitas warga Jember untuk menuju kota lainnya.Harga rumah disewakan di Jember setiap tahunnya terus merangkak naik, seperti pada tahun 2015 harga rumah kontrakan disana adalah 350 ribu rupiah, 2016 naik sedikit menjadi 380 ribu tahun 2017 menjadi 450.000 kemudian 2018 meroket tajam menjadi 550.000 rupiah. Kenaikan ini tentunya bisa menjadi angin segar bagi para investor, karena kenaikannya bisa mencapai 20%. Estimasi ini tentunya akan berbeda jika rumah kontrakan berada dilokasi yang strategis dekat dengan fasilitas umum.

Dijalur udara, rencana pemerintah akan mengembangkan Bandar Udara Notohadinegoro dan meningkatkan status bandara tersebut menjadi skala nasional. Rencananya landasan pacu tersebut akan dibuat lebih megah dan dapat melayani penerbangan domestik maupun internasional. Dibagian kemaritiman, nantinya disana juga akan dibangun tiga dermaga diPantai Puger, Pantai Payangan serta Pantai Getem.

Keberadaan pembangunan infrastruktur memang terbukti ampuh untuk mendatangkan investor properti, buktinya saat ini dikota Tembakau tersebut telah banyak dibangun proyek properti berkala kota mandiri. Contohnya seperti Tanrise Properti yang membangun proyek superblok seluas 12 hektar. Disana nantinya akan dibangun apartemen, komersial area dan premium ruko. Pembangunannya sendiri nantinya akan dibagi menjadi dua zona yakni zona komersial seluas 5 hektar serta residensial seluas 7 hektar.

 

 

Memuat Hasil