6791

Tempat Usaha Disewakan di East Java - Sewa Bangunan Komersil | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. East Java
  2. Komersial
  3. Sewa

Komersial di Jawa Timur Tumbuh Pesat

Komersial di Jawa Timur

Dinamika aktifitas bisnis, industri, dan perdagangan serta didukung dengan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur yang terus berkembang, ikut mendorong kebutuhan properti komersial dari para pelaku bisnis. Kondisi inilah yang membuka peluang pasar unit sewa properti komersial di berbagai kawasan di Jawa Timur.

Ruang Ritel Kebanjiran Peminat

Salah satu properti komersial yang banyak diminati pebisnis untuk rental adalah ruang retail di sejumlah mal atau pusat perbelanjaan. Surabaya bisa jadi contoh wilayah dengan banyaknya kebutuhan unit sewa ruang retail di pusat perbelanjaan. hampir setiap sudut kota Surabaya mulai dipadati pusat perbelanjaan. Lembaga konsultan properti, Colliers International telah melakukan survei pusat perbelanjaan di Surabaya pada kuartal II (April - Juni) 2013, dan hasil surveinya menyebutkan bahwa tarif rental ruangan ritel mal di kota tersebut berkisar  dari Rp 150.000 per meter persegi (m2) per bulan hingga Rp 675.000 per m2 per bulan. Harga unit sedikit berbeda jika ada pebisnis yang menginginkan ruang ritelnya berada di pusat perbelanjaan yang menargetkan masyarakat menengah atas. Contohnya saja mal Pakuwon Supermall dan Tunjungan Plaza.

Surga Kawasan Industri

Kawasan Jawa Timur tak sebatas lahan subur untuk bisnis dan perdagangan, melainkan juga surga untuk pusat industri. Beberapa kawasan industri tersebar di beberapa wilayah, seperti PasuruanGresik, dan Mojokerto. Kawasan tersebut juga menyediakan banyak pasokan unit rental untuk produsen yang membutuhkan unit pabrik dan gudang

Trend Ruko Tak Pernah Surut

Komersial di Jawa Timur

Selain ruang ritel di pusat perbelanjaan, rumah toko adalah properti komersial yang juga laris manis dicari pebisnis sebagai unit sewa. Tak hanya untuk ruang usaha, ruko juga lebih banyak dipilih para pengusaha di kawasan Jawa Timur sebagai ruang kantor. Sebagian pengusaha lebih memilih menyewa unit ruko dibanding unit perkantoran di gedung sebagai kantor mereka. Beberapa kawasan ruko yang berada di bilangan Darmo, Rungkut, Citraland, juga Ngagel bisa jadi pilihan. Untuk kota lainnya, pertumbuhan kebutuhan rental ruko juga sangat pesat di kota Sidoarjo, Mojokerto, Malang, dan Jember.

Tidak kalah dengan pamor ruko sebagai properti komersial, unit kios dan toko yang disewakan di sejumlah kawasan strategis di sejumlah kota di Jawa Timur juga termasuk unit properti sewa yang paling banyak dicari pebisnis. Kondisi tersebut hampir merata di semua kawasan di Jawa Timur, seperti Probolinggo, Madiun, Ngawi, Malang, Banyuwangi, dan wilayah sekitarnya. Hampir sama dengan ruko, tips khusus untuk memilih kios atau toko juga tak sebatas melihat dari lokasinya yang strategis. Hal yang lebih penting juga melihat kondisi ekonomi dan daya beli masyarakat sekitar, sebab inilah yang akan membuat usaha atau bisnis yang dijalankan akan berkembang pesat.

Memuat Hasil