22759

Tempat Usaha Dijual di East Java - Jual Beli Bangunan Komersil | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. East Java
  2. Komersial
  3. Jual

Lonjakan Permintaan Properti Komersial di Jatim

Komersial di Jawa Timur

Beragam aktifitas jual beli dan perdagangan di kawasan di Jawa Timur menjadikan permintaan akan properti komersial di sejumlah wilayah provinsi tersebut juga terus naik. Seperti halnya permintaan akan unit rumah toko atau ruko di sejumlah wilayah, seperti Surabaya, Malang, Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto. Maraknya pasar penjualan jenis ruko dan ruang retail dilatarbelakangi peningkatan ekonomi di suatu wilayah sehingga menggerakkan daya beli masyarakat. Hal tersebut yang menggairahkan para pengusaha untuk mengembangkan unit bisnisnya.

Pertumbuhan Kredit untuk Pembelian Ruko

Sumber dari  Bank Indonesia menyebutkan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk tipe rumah-toko di wilayah Jawa Timur mencapai Rp 1,6 milyar pada akhir tahun lalu atau tumbuh sekitar 50,9%.  Peningkatan kredit untuk pemilikan ruko juga mengindikasikan positifnya pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut. Kondisi  tersebut juga menjadi sinyal bahwa pertumbuhan bisnis baru di Jawa Timur berkembang pesat yang sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi Jawa Timur cukup fantastis, dimana sering melampaui angka pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain jenis ini, pertumbuhan laju properti komersial juga tampak pada unit perkantoran. Seperti yang tampak di jantung provinsi Jawa Timur ini, dimana para pebisnis mulai mengarahkan kepada nilai beli ruang usahanya di gedung perkantoran dengan fasilitas yang lebih prestis dan lebih tinggi. Meski pertumbuhan gedung kantor di Kota Pahlawan tak secepat di Jakarta, namun beberapa tahun terakhir peningkatannya sudah mulai terlihat. Menurut sumber dari Kompas, pertumbuhan akan berlangsung dalam empat tahun ke depan, ditandai menguatnya permintaan dan pasokan, dengan kawasan Selatan.  

Pertumbuhan Ekonomi Sangat Memengaruhi

Komersial di Jawa Timur

Pendapat senada juga disampaikan oleh Ferry Salanto, Associate Director Research Colliers International Indonesia. Menurutnya Surabaya Selatan berpeluang menjadi kawasan pertumbuhan baru karena memiliki berbagai faktor. Di antaranya, dekat dengan Bandara International Juanda, dikelilingi oleh areal industri seperti Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), harga lahan yang cukup kompetitif serta aksesibilitas yang cukup memadai ke kota lainnya seperti adanya jalan tol ke Malang. Selain itu wilayah Selatan juga dekat dengan Sidoarjo yang tengah berkembang sebagai tempat untuk industri meeting, incentives, convention, exhibition (MICE). Bagi Anda yang berencana untuk membeli, harga jual ruang perkantoran strata di kota Surabaya kini nilainya ada yang sudah mencapai 25 juta Rupiah per meter perseginya.  

Dinamika provinsi yang juga dipadati dengan lokasi industri dan perniagaan secara tidak langsung ikut mendorong permintaan dari pebisnis akan kebutuhan pabrik, gudang, toko, juga kios retail di sejumlah wilayah, yakni Gresik, Pandaan, Mojokerto, juga Pasuruan.

Memuat Hasil