11923

Sewa Kantor - Perkantoran Disewakan | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Komersial
  2. Kantor
  3. Sewa

Kebutuhan Ruang Sewa Kantor Meningkat

Kantor Murah Disewakan

Optimisme pasar di sejumlah wilayah mampu mempengaruhi kebutuhan sewa ruang kantor. Hal ini terlihat dengan tingginya tingkat okupansi ruang sewa di sejumlah gedung perkantoran. Tidak hanya di Jakarta sebagai sentra bisnis dan ekonomi, namun juga di sejumlah kota di Indonesia. 

Dari catatan konsultan properti Cushman & Wakefield, tarif sewa unit kantor di Jakarta mengalami kenaikan dengan angka 27,29 persen, dan ini merupakan kenaikan tertinggi di Asia Pasifik, disusul Manila, Filipina dan Shenzen, China. Di kota yang terkenal dengan Monumen Nasional nya ini, lokasi di bilangan

  • Gatot Subroto
  • Thamrin
  • Sudirman
  • Kuningan

pun menjadi deretan kawasan yang banyak diminati untuk memburu unit sewa. Kisaran tarifnya di area ini mencapai kisaran Rp 400 ribuan per meter persegi per bulan, bahkan ada yang menembus angka Rp 600 ribuan per meter persegi pet bulan di luar biaya servis untuk perkantoran grade A yang ada di Thamrin dan Sudirman. Jika memilih area Selatan, daerah Mampang, TB Simatupang, dan Dr. Satrio bisa jadi alternatif dalam berburu unit sewa. Properti sewa unit di sini ditawarkan dengan kisaran Rp 200 ribu sampai 300 ribuan per meter persegi per bulan.

Geliat Bisnis di Surabaya dan Bandung

Perkantoran di Indonesia

Hal serupa juga terjadi di Surabaya yang menjadi ibukota provinsi Jawa Timur, juga merupakan kota properti terbesar kedua di Indonesia. Permintaan ruang kantor yang terus melaju tiap tahunnya juga ikut mempengaruhi kisaran harga sewa unit yang naik mencapai 12,4% per tahunnya. Dari data survei Colliers International, harga sewa ruang bisnis di Surabaya mencapai Rp 60 ribu sampai Rp 160 ribu per meter persegi per bulan, di luar biaya servis.

Harga sewa ini tergantung dari kondisi gedung, letak, dan fasilitas. Perkantoran di Surabaya pun banyak mengambil lokasi di area Pusat, seperti di Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Tunjungan. Untuk area bisnis di kawasan Timur, bisa dijumpai di sekitar area Kertajaya. Kawasan lain yang menjadi area tumbuhnya gedung perkantoran adalah Surabaya Barat

Tingkat okupansi properti komersial yang cukup tinggi juga tampak di Bandung. Keberadaan kota Paris Van Java sebagai salah satu destinasi wisata sekaligus surga belanja, serta pusat pemerintahan dan bisnis di Jawa Barat memberikan magnet tersendiri bagi sebagian sebagian kalangan yang ingin mengembangkan bisnis di sini. Dari total jumlah pasokan ruang kantor ini, sekitar 86,6% telah diserap pasar.

Sedangkan untuk kisaran tarif sewa unit kantor di kota Bandung secara rata-rata berkisar 150 ribu Rupiah per meter persegi per bulan. Beberapa lokasi seperti Jalan RE Martadinata, Jalan Asia Afrika, juga hadirnya superblok Tanrise City di Bandung Timur.

Memuat Hasil