5788

Rumah Dijual di Solo Surakarta - Murah & Strategis | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Solo
  2. Rumah
  3. Jual
  • Lokasi
  • Tipe Penawaran
  • Harga ( Rp )
    -
  • Jenis Properti
  • Subkategori
  • Ukuran Gedung
    -
  • Luas Tanah
    -
  • Kamar tidur
  • Kamar Mandi
  • Fasilitas

Cari Harga Rumah Dijual di Solo Lainnya

Rp 200.000.000 Rp 300.000.000 Rp 400.000.000 Rp 500.000.000
Rp 600.000.000 Rp 700.000.000 Rp 800.000.000 Rp 900.000.000 

 

Pilihan Fasilitas Rumah Dijual di Solo Lainnya

Garasi        Taman        Kolam Renang     Keamanan 24 Jam
Balkon  Pagar Kitchen Set  Pendingin Ruangan (AC)

 

Masa Depan Bisnis Rumah Dijual di Solo

2.876, 38 Ha lahan di Solo sudah digunakan untuk pemukiman pada tahun 2014, dengan Kecamatan Banjarsari sebagai kecamatan yang memiliki wilayah pemukiman terbesar yaitu seluas 1.044,63 Ha. Data ini diperoleh dari laman resmi BPS Surakarta, sehingga bisa disimpulkan bahwa lebih dari 50% total lahan di Kota Solo yg hanya sebesar 4.400 Ha sudah berubah menjadi tempat tinggal.

2008–2012 lalu adalah saat dimana jumlah kenaikan lahan untuk pemukiman sangat signifikan, yakni bertambah sebanyak 136,03 Ha. Mengapa? Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh jumlah kebutuhan hunian tapak yang semakin meningkat disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk serta melonjaknya total investor yg kian melirik Kota Kebudayaan ini.

30-40% prediksi kenaikan harga jual rumah Solo pada tahun 2019. Hal ini ditunjang oleh keadaan politik yg sudah cukup stabil dan ketersediaan infrastruktur yang sangat memadai. Ini adalah saat yang tepat untuk membeli rumah dijual di Solo sebab proyeksi keuntungan dan nilai investasinya memang sangat menggiurkan.

 

Tentang Kota & Minat Membeli Rumah Dijual di Solo

Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar di sebelah dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Sukoharjo dibagian timur dan Barat. Kawasan ini memiliki luas area mencapai 44 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 503.421 jiwa dengan kepadatan 31.636/km2.

Secara administratif, kota ini memiliki lima kecamatan dan 51 kelurahan, kecamatan tersebut adalah Pasar Kliwon (9 kelurahan), Jebres (11 kelurahan), Banjarsari (13 kelurahan), Lawiyan (11 kelurahan), Serengan (7 kelurahan). Dahulu kawasan ini sempat menjadi Karesidenan Surakarta, artinya raja memiliki kekuatan politik untuk mengatur rakyatnya, namun pada tahun 1950 sistem tersebut dihapus dan kini setelah era reformasi, Solo menjadi daerah berstatus kota otonom.

Seiring berjalannya waktu, Surakarta kini menjadi kawasan favorit untuk membeli hunian di Provinsi Jawa Tengah.  Banyaknya masyarakat yang tertarik untuk membeli rumah dijual di Solo karena daerah ini dikenal sebagai kota wisata. Tidak hanya itu, murahnya harga tanah serta kelengkapan transportasi massal menjadi faktor utama mengapa banyak masyarakat yang ingin membeli hunian di sana.   

Berdasarkan data dari portal properti Lamudi menyebutkan, pencarian rumah dijual di Solo setiap tahunnya terus meningkat. Pada tahun 2017 lalu saja ada sekitar 2.572 orang yang mencari informasi tentang rumah dijual di Solo, mereka tertarik untuk membeli hunian dengan kisaran harga mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 1 miliar.   

Pembangunan Infrastruktur Pendorong Bisnis Rumah Dijual di Solo  

Salah satu pendorong minat untuk membeli rumah dijual diSolo adalah keberadaan pembangunan infrastruktur, berikut ini adalah beberapa fasilitas infrastruktur yang disediakan di Surakarta.   

  • Tol Solo - Ngawi

Jalur bebas hambatan ini merupakan bagian dari proyek tol Trans Jawa, tol ini dibuat sepanjang 90 km dan menghubungkan antara Surakarta, Jawa Tengah dengan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Jalur ini telah beroperasi tahun 2018 dengan melewati 5 kota yakni Boyolali, Solo, Karanganyar, Sragen dan Ngawi.

  • Bus rel Bathara Kresna

Bathara Kresna merupakan transportasi massal dengan model bus rel, kendaraan ini dibangun oleh PT Kereta Api Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta. Jalur bus rel ini dibuat sepanjang 37 km yang menghubungkan antara Wonogoro - Solo - Yogyakarta. Moda transportasi ini dibangun sejak 5 Agustus 2012, sejak saat itu Bathara Kresna menjadi moda transportasi masyarakat kota Solo untuk menuju Yogyakarta ataupun Wonogiri.

  • Terminal Tirtonadi  

Terminal Tirtonadi ini berada di area Banjarsari, keberadaan terminal ini dapat membantu masyarakat yang ingin bepergian dari Solo menuju kota lainnya seperti Surabaya, Banyuwangi dan Bandung. Tempat ini selalu buka 24 jam dan menjadi lokasi favorit warga Solo untuk pergi keluar kota.

  • Stasiun Solo Balapan

Stasiun ini berada di Jalan Wolter Monginsidi 112, stasiun ini melayani rute perjalanan kereta api dari Solo menuju bandung, Jakarta, Surabaya, Semarang. Solo Balapan merupakan stasiun kereta api terbesar di Surakarta dan Jawa Tengah bagian selatan. Stasiun ini melayani KA kelas eksekutif, bisnis, sebagian kecil kelas ekonomi, dan lokal/komuter. Sementara itu, KA dari arah timur yang menuju ke jalur utara (Semarang) maupun sebaliknya dilayani di Stasiun Solo Jebres, sedangkan KA kelas ekonomi jalur selatan (Yogyakarta, Bandung, Purwokerto, dan Jakarta) dan lokal/komuter (Yogyakarta dan Kutoarjo) dilayani di Stasiun Purwosari. 

Pusat Perbelanjaan

Sadar atau tidak keberadaan pusat perbelanjaan bisa mendorong minat untuk membeli rumah dijual di Solo, keberadaan fasilitas ini tentunya bisa memenuhi kebutuhan hidup ataupun . dan berikut ini adalah beberapa mall dan pusat perbelanjaan yang terdapat di Solo.

  • Pasar Klewer              

Jika Anda ingin mencari batik di Surakarta ada sebuah pasar batik terbesar bahkan sebagai pasar rujukan pedagang dari Jogja, Semarang dan Surabaya. Pasar tersebut diberi nama Klewer, tempat tersebut telah beroperasi sejak tahun 1942 hingga kini. Bangunan pasar dua lantai tersebut dapat menampung 1.467 pedangan dengan jumlah kios sebesar 2.064 unit.

Di sana Anda bisa menemukan beragam jenis batik, mulai dari batik tulis Solo, batik cap, batik antik keraton, batik putri, batik khas Yogyakarta, Pekalongan, Banyumas, Madura hingga batik Betawi dan kota-kota lainnya. Di pasar ini Anda juga bisa menemukan kain batik untuk baju, seprai, sarung bantal dan aksesoris bermotif batik.

  • Solo Paragon Mall

Solo Paragon Mall merupakan salah satu pusat lifestyle terbesar di Solo, luas pengembangannya bisa mencapai 4,1 hektar, tinggi mall ini dibangun 5 lantai dan dapat menampung hingga 100 mobil dan 700 motor. Tempat yang mengusung tema shopping, dining, entertainment tersebut menghadirkan beragam brand ternama.          

  • Solo Square  

Solo Square merupakan pusat lifestyle modern modern dan favorit masyarakat Solo. Lokasi mall ini dibangun di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 451-455 , Pajang, Laweyan. Tempat ini dibangun setinggi 6 lantai dan diisi dengan berbagai tenant ternama mulai dari Matahari Department Store, Hypermart hingga Cinema XXI. Tidak hanya itu disana juga disediakan beragam fasilitas yang cukup lengkap seperti tempat parkiran yang luas, tempat bermain untuk anak, tempat beribadah hingga tempat untuk menyusui.

Masa Depan Bisnis Jual Beli Rumah di Solo

Rumah Dijual di Solo

2.876, 38 Ha lahan di Solo sudah digunakan untuk pemukiman pada tahun 2014, Kecamatan Banjarsari sebagai wilayah pemukiman terbesar yaitu seluas 1.044,63 Ha. Data ini diperoleh dari laman resmi BPS Surakarta, sehingga bisa disimpulkan bahwa lebih dari 50% total lahan di Kota Solo yang hanya sebesar 4.400 Ha sudah berubah menjadi tempat tinggal termasuk pasar rumah dijual.

2008–2012 lalu adalah saat dimana jumlah kenaikan lahan untuk pemukiman sangat signifikan, yakni bertambah sebanyak 136,03 Ha. Mengapa? Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh jumlah kebutuhan hunian tapak yg semakin meningkat disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk serta melonjaknya total investor yang kian melirik Kota Kebudayaan ini.

30-40% prediksi kenaikan harga jual rumah pada tahun 2019. Hal ini ditunjang oleh keadaan politik yang sudah cukup stabil dan ketersediaan infrastruktur yang sangat memadai. Ini adalah saat tepat untuk membeli rumah di Solo sebab proyeksi keuntungan dan nilai investasinya memang sangat menggiurkan.

Kawasan Favorit Iklan Jual Rumah Solo

Geliat industri properti rumah di Surakarta nampaknya mampu mendongkrak perkembangan jual beli proyek properti disejumlah lokasi. Terlebih untuk rumah dijual dalam kota, contohnya area seperti di Jalan Adi Sumarmo, Gentan, Mojosongo, Jebres, Badran dan Laweyan.

Sementara buat daerah pada pinggiran kota, bukan berarti sepi peminat. Justru titik tersebut makin dicari karena banyak kalangan memburu rumah dijual harga murah yang biasanya berlokasi dipinggiran kota. Sejumlah area seperti Sragen, Karanganyar, Sukoharjo dan Boyolali merupakan wilayah yg sering diincar untuk memburu tipe sederhana hingga menengah.

Tipe Perumahan - Jual Rumah Solo Baru 2019

Pesatnya perkembangan perumahan di Solo tidak didominasi kawasan dengan segmen menengah ke bawah. Untuk segmen menengah atas pun memiliki pasar cukup potensial. Salah satu wilayah yang menjadi bukti akan pesatnya pertumbuhan hunian kelas menengah dan menengah ke atas ada di kawasan mandiri Solo Baru diseputar Grogol. Lokasinya yang cukup strategis karena berada di perbatasan antara area kota Surakarta dan Sukoharjo serta daerah lainnya membuat wilayah ini cepat berkembang.

Nilai harga rumah disini pun terus meroket akibat wilayah tersebut telah dipadati fasilitas publik serta infrastrukturnya memadai. Titik ini pun memberikan fasilitas gaya hidup cukup lengkap sehingga mengakomodasi kebutuhan gaya hidup bagi masyarakat yg tinggal disana, baik untuk tempat kuliner, tempat hiburan hingga gaya hidup, pusat perbelanjaan seperti Hartono Mall dan The Park Solo Baru, water park, sarana olahraga, dan hotel. Sedangkan unit perumahan dengan tipe berukuran luas, harga rumah dijual di Solo Baru dibanderol mulai dari 800 jutaan sampai lebih dari 1 milyar Rupiah buat tipe 2 lantai. Tidak sedikit juga invsetor melakukan investasi kontrakan sewa diareal Solo.

Penawaran Jual Rumah Solo Lainnya

Rumah Dijual di Solo Surakarta

Penawaran rumah dijualrztufsfexzzdcdyqvseqbsfbsa di Solo lainnya bisa ditemukan di Sukoharjo yang telah ramai dengan tempat tinggal tapak tanah ada di daerah Gentan. Kawasan ini banyak diincar karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 4 kilometer saja. Dari sini, masyarakat juga dengan mudah untuk menjangkau pusat perbelanjaan Grand Mall serta Universitas Muhamadiyah Surakarta, serta dekat dengan jalan raya ke Yogyakarta. Properti disini pun memiliki variasi iklan jual rumah Solo, mulai dari tipe sederhana, menengah, dan menengah atas.

Tempat lain yang menunjukkan pertumbuhan signifikan untuk pasar residensial ada disekitar Kartosuro, Colomado, dan sekitar Jalan Adi Sucipto. Letaknya sangat strategis karena berada tak jauh dari bandara Adi Sumarmo, dekat dengan perniagaan, serta tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Salah satu titik hunian yang telah berkembang daerah Jalan Adi Sucipto adalah perumahan Fajar Indah, dimana titik ini menjual tempat tinggal sederhana sampai menengah ke atas dengan variasi tipe 36 hingga tipe 168. Untuk harga jual rumah murah tipe 36 dan 45 dengan kisaran harga jual 150 juta Rupiah dapat ditemukan diareal Jebres, Laweyan, dan Mojosongo.

Harga Rumah Dijual di Solo

Sebagai referensi sebelum Anda memutuskan beli rumah dijual. Simak harga pasaran berikut ini, melalui data berikut pembeli akan dimudahkan dalam proses tawar menawar nantinya. Sehingga bisa diketahui apakah harganya terlalu mahal atau justru sebaliknya. Sangat menguntungkan buat dimiliki. 

Selain sebagai hunian tinggal, membeli iklan jual rumah Solo untuk tujuan Investasi juga tak ada salahnya. Kenaikan harga tanah setiap tahunnya sangat menggiurkan, terlebih lagi untuk daerah sekitar kota. Banyaknya lapangan kerja tersedia disana, menjadi alasan utama meningkatnya demand properti daerah kota. Demand tinggi terjadi setiap tahunnya dikarenakan jumlah pertumbuhan manisan kian tinggi, namun ketersedian lahan tak bertambah bahkan berkuarang setiap tahunnya. Alasan inilah yg jadi faktor utama investasi didunia properti sangat seksi buat digeluti.

Type 21    92,248,737
Type 36    158,140,692
Type 45    197,675,865
Type 56    245,996,632
Type 65    285,531,805
Type 70    307,495,790
Type 96    421,708,512
Type 120  527,135,640
 

Memuat Hasil