290

Rumah Dijual di Prambanan, Klaten

Urutkan dari:

Memuat Hasil

Lihat listing serupa di area Anda
7 listing

Tren Harga rumah yang dijual di Prambanan

Pasar properti rumah di Prambanan kini semakin memperlihatkan trend menjanjikan, hal tersebut dikarenakan kebutuhan untuk membeli properti terus meningkat. Selain itu, faktor lain yang berperan dalam mendorong trend positif di Prambanan adalah hadirnya kemudahan untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Majunya dunia digital juga turut mendukung perkembangan industri properti. Lamudi adalah situs jual beli properti yang memiliki berbagai fitur yang akan memberikan Anda kemudahan dalam melakukan pencarian properti yang sesuai dengan latar belakang dan kriteria pencari properti. Terlebih lagi data pertumbuhan harga rumah yang dijual di Prambanan telah kami sediakan disini.

Berikut adalah gambaran harga jual rumah Prambanan. Berdasarkan data internal Lamudi. Harga jual per m2 rumah pada November - Januari 2019 berada di kisaran harga Rp . Jika kita tinjau lebih jauh, indeks harga rumah Dijual di ditemukan angka sebesar Rp , jika dibandingkan 6 bulan lalu telah terjadi penurunan pada angka -0.31%. Kemudian jika kita teliti lebih jauh lagi, pertumbuhan tahun ini adalah sebesar -0.31% dibandingkan dengan satu tahun yang lalu. Bisa dilihat telah terjadi penurunan pada angka 6.83%. Investasi di dunia properti memang menjanjikan, hal itu dikarenakan pertumbuhan yang konsisten setiap tahunnya. Sebagai bukti, bisa kita lihat historical datanya sejak dua tahun terakhir ini.

Dengan melihat data di atas, dapat terlihat jelas bahwa harga rumah Dijual di Prambanan terjadi pergerakan dari waktu ke waktu. Mulai dari 3 bulan lalu yang nilainya adalah Rp , 6 bulan lalu adalah Rp , dan 12 bulan lalu adalah Rp . Data properti di Lamudi ini diharapkan dapat membantu Anda dalam membuat keputusan ketika mencari hunian idaman ataupun saat hendak melakukan investasi properti.

Tentang Daerah & Potensi Bisnis Rumah Dijual di Prambanan 

Prambanan merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Klaten, daerah ini berbatasan langsung dengan, Kabupaten Sleman serta Yogyakarta. Jumlah penduduk kecamatan ini mencapai 52.496 orang dengan tingkat kepadatan mencapai 2.133 per km persegi. 

Mayoritas penduduk di Prambanan berprofesi sebagai buruh dengan jumlah 9.492 orang, kemudian disusul oleh orang yang bekerja disektor pertanian, peternakan dan perikanan dengan jumlah 6.732 orang. Kawasan yang menjadi daerah pengembangan pertanian berada di Desa Kemudo kemudian Desa Kebondalem Lor. 

Secara geografis, kawasan Prambanan ini berada pada dataran rendah, sehingga sangat cocok untuk mengembangkan pertanian dengan jenis padi dan kedelai. Keberadaan industri disektor pertanian ini menjadi salah menyuplai pasokan padi dan kedelai pada Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kontur tanah datar tersebut juga menjadi salah satu faktor pendorong menjamurnya pembangunan rumah. Belakangan, memang banyak pengembang yang membangun rumah dijual di Prambanan mereka mengembangkan banyak proyek perumahan baik skala kecil hingga besar yang menyasar pasar bawah, menengah dan atas.  

Banyak pengembang yang membangun perumahan disana tentunya bisa dijadikan pilihan menarik untuk para pencari tempa tinggal terutama untuk mereka yang mencari hunian dijual dengan harga terjangkau, keberadaan perumahan tersebut tentunya bisa menjadi solusi menarik ditengah meroketnya harga hunian di Yogyakarta.  

Tren Pencarian Iklan Rumah Dijual di Prambanan 

Tahun  Jumlah Pencarian Iklan Rumah Dijual  Kenaikan Pencarian Rumah Dijual
2015 1.133 -
2016 1.367 20% 
2017 1.799 31% 
2018  1.995 11% 

 

Berdasarkan data Lamudi, tren pencarian hunian dijual disana cukup tinggi, survei tersebut dilakukan berdasarkan pencari properti melalui Google. Contohnya pada tahun 2015 ada 1.133 orang, kemudian pada periode 2016 ada 1.367 orang, tahun 2017 kemudian naik menjadi 1.799 pencarian atau naik sekitar 31%, terakhir pada tahun 2018 angka pencarian rumah disana mencapai 1.995 orang. 
Menariknya lagi, orang yang berencana untuk membeli hunian dijual disana ternyata tidak hanya berasal dari Klaten saja, tetapi juga dari Yogyakarta, Semarang, Surabaya bahkan hingga Bandung dan Jakarta. Rata-rata pencari rumah dijual disana berminat untuk membeli hunian dengan harga Rp 500 jutaan dengan luas tanah 120 meter persegi. 

Selain untuk ditinggali, ternyata minat membeli hunian dijual dikawasan tersebut juga berasal dari kalangan investor, para investor tersebut mendapatkan keuntungan dari menjual kembali hunian yang dibeli atau mengharapkan capital gain serta dari sewa. Untuk mereka yang mencari keuntungan dari sewa, kawasan Prambanan dianggap memiliki pasar sewa yang sudah terbentuk, karena disana terdapat banyak universitas memiliki ribuan mahasiswa, selain itu tempat ini juga memiliki tempat wisata terkenal yakni Candi Prambanan, keberadaan candi tersebut tentunya dapat menyedot perhatian banyak wisatawan dan wisatawan tersebut membutuhkan tempat untuk menginap.         

Harga Jual Rumah di Prambanan 

Tahun  Harga Rumah Dijual * Kenaikan Harga Rumah Dijual
2015 7.324.999 -
2016 7.994.289 9% 
2017 8.595.578 8%
2018 

9.334.834

10%

*Harga Dijual Per Meter 
Berdasarkan data Lamudi, harga hunian dijual dikawasan Prambanan terus merangkak naik, seperti pada tahun 2015 harganya mencapai 7.324.999 per meter persegi, kemudian periode 2016 menjadi 7.994.289 per meternya, tahun 2017 naik kembali menjadi 8.595.578 per meter, terakhir pada 2018 harga hunian dijual disana mencapai 9.334.834 per meter atau naik 10% jika dibandingkan tahun sebelumnya. 

Meningkatnya harga hunian disana, tentunya dapat dijadikan indikator menarik untuk para investor, meningkatnya harga jual ini terjadi saat ini pemerintah kabupaten tengah membangun dan memperbaiki sarana infrastruktur disana, seperti perbaikan menuju jalan Candi Prambanan, perbaikan sistem pengairan agar tidak terjadi banjar dan lain-lain.

Fasilitas Umum        

Keberadaan fasilitas umum bisa menjadi salah satu pendorong bisnis jual beli rumah khususnya rumah murah di Prambanan, karena keberadaan fasilitas umum tersebut dapat mempermudah aktivitas. Nah bagi Anda yang ingin membeli rumah dijual di Prambanan berikut ini adalah beberapa fasilitas umum yang tersedia disana.  

Rumah Sakit 

Nama  Alamat 
RSUD Prambanan Jl. Raya Piyungan, Dinginan, Sumberharjo
Rumah Sakit Panti Rini Jalan Solo, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman
Rumah Sakit Islam  Jalan Solo Km. 12 Dusun Cupuwatu Purwomartani, Sleman
Rumah Sakit Bhayangkara Jl. Yogya – Solo, Km. 14, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Pusat Pendidikan 

Nama  Alamat 
Universitas Kristen Imanuel Jl. Ukrim,, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman
Universitas Respasti  Jalan Solo, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman
Gadjah Mada  Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman


Transportasi Umum 

Nama  Alamat 
Stasiun Brambanan  Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.25
Terminal Prambanan Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.234, Kranggan