991

Tempat Usaha Disewakan di Banten - Sewa Bangunan Komersil | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter Hapus semua
  1. Banten
  2. Komersial
  3. Sewa

Memuat Hasil

Pertumbuhan Sewa Unit Properti Komersial di Banten

Komersial di Banten

Ketika pasar properti residensial di beberapa wilayah di kawasan Banten terus menunjukkan perkembangan yang pesat, hal ini juga diikuti dengan terus bergeraknya aktivitas bisnis dan perniagaan di kawasan tersebut. Pertumbuhan properti komersial terlihat dari makin bertambahnya permintaan akan sewa unit properti komersial, seperti unit perkantoran, rumah toko, rumah kantor, kios, dan unit ritel di pusat perbelanjaan.

Sewa Unit Perkantoran

Peningkatan akan permintaan sewa properti komersial juga dipengaruhi dengan tumbuhnya beberapa kawasan bisnis terpadu di beberapa kawasan di Banten. Kondisi ini juga ikut dipengaruhi dengan terus merangkaknya nilai sewa perkantoran di wilayah Jakarta. Sebagai contoh nilai sewa kantor untuk kawasan SCBD berkisar mulai dari $ 300 per bulan untuk jenis shared office. Sementara itu kawasan Serpong, seperti di BSD City, sewa unit perkantoran ditawarkan mulai dari 200 ribu Rupiah per meter persegi per bulan.

Seperti yang dijelaskan oleh Ricky Tarore, Senior Associate Director Colliers International dimana ia melihat kawasan Serpong yang terbilang masih awam untuk perkembangan perkantoran dan dinilai sebagai lokasi yang sedang berkembang akan cukup menarik prospeknya meskipun harganya terbilang tidak terlalu jauh dengan perkantoran di area di TB Simatupang. Salah satu contoh proyek perkantoran di Serpong adalah yang dikembangkan perkantoran Associate Tower yang oleh PT Merdeka Ronov. Gedung yang memiliki luas bangunan sebesar 15.000 meter persegi ini dibangun dengan ketinggian 18 lantai.

Komersial di Banten

Unit Ritel dan Ruko

Permintaan sewa unit bisnis, tak hanya untuk ruang kantor saja, melainkan juga untuk ruang ritel di pusat perbelanjaan dan lifestyle center. Hal tersebut dapat dilihat dari proyek The Breeze yang dibangun oleh Sinarmas Land. Tempat ini menyediakan ruang untuk disewakan dengan ukuran 200 hingga 2.000 meter persegi, dengan harga sewa per meternya adalah 200 ribu - 300 ribu rupiah per meter segi per bulan untuk penyewa foods and beverages (F&B) dan lebih dari 300 ribu Rupiah untuk tenant di luar F&B.

Jenis unit properti komersial lain di Banten yang terus kebanjiran permintaan sewa adalah unit ruko dan rukan. Sebagai contoh kisaran ruko di area Serpong mulai dari 60 juta sampai 130 juta Rupiah pertahun, tergantung dari seberapa strategis lokasinya serta ukuran tipenya. Sebagai contoh lokasi yang banyak diincar untuk sewa unit ruko adalah Horizon Broadway, di BSD City, juga Kebayoran Arcade 2, di Bintaro sektor 9.

Pusat niaga dan bisnis juga makin tumbuh di Cilegon yang merupakan sentra kawasan industri. Di wilayah ini, tarif sewa ruko berkisar dari 25 juta sampai 40 juta Rupiah pertahun.