13193 Hasil ditemukan untuk

Rumah Kontrakan | Sewa Rumah di Indonesia

-
-
Tutup fitur

Raih Untung Dengan Bisnis Rumah Kontrakan

Rumah Kontrakan di Indonesia

Berinvestasi dengan properti kontrakan tak hanya sekadar mendapatkan keuntungan lewat proses jual beli. Anda pun bisa mendapatkan arus kas baru dari properti tersebut dengan menyewakannya. Hal ini juga menjawab permintaan sewa yang semakin meningkat, terutama di kawasan perkotaan seperti Surabaya, Malang, Yogyakarta, juga Bandung. Meski tampaknya peluang bisnis sewa properti hunian sangat menjanjikan, namun bukan berarti Anda bisa melakukannya tanpa perencanaan yang matang.

Tingginya Permintaan Sewa Hunian di Indonesia

Seperti yang disampaikan oleh Diana Sandjaja, perencana keuangan MRE Consulting yang dilansir situs Kontan. Pertama Anda harus tahu tujuan investasi Anda. Jika tujuannya untuk meraih pendapatan secara rutin, strategi ini menjadi pilihan yang tepat. Prita Ghozie, perencana keuangan ZAP Finance, juga menambahkan bahwa awalnya Anda harus menentukan target pasar dari tempat tinggal yang akan Anda sewakan. Jika target Anda adalah ekspatriat, unit rumah disewakan dengan spesifikasi dan fasilitas mewah biasanya yang lebih disukai kaum ekspatriat.

Tercatat dari keterangan konsultan properti Colliers International, dengan makin meningkatnya permintaan unit rumah kontrakan di Indonesia yang disewakan dari para ekspatriat, harga tempat tinggal mewah di sekitar Jakarta Selatan yang menjadi kawasan favorit kaum ekspatriat ikut meningkat sampai 40%. Untuk pasar menengah kebawah, terkadang harga murah masih menjadi faktor pertimbangan utama ketimbang kestrategisan lokasi. Untuk itu banyak pebisnis yang mengharapkan kuantitas penjualan dan membanting harga dengan menyewakan rumah kontrakan dengan harga murah.

Pertimbangan faktor lokasi juga sangat penting dicermati. Investasi rumah disewakan yang berada di area yang dekat dengan pusat pendidikan, kawasan bisnis, dan pusat perbelanjaan secara tidak langsung akan ikut mendongkrak peminat dan harga sewanya. Otomatis di daerah sekitar ini pelajar yang mencari harga murah tentunya menjadi sasaran utama. Hal yang tidak kalah penting adalah mencari nilai rumah disewakan yang akan Anda tawarkan.

Selain lokasi dan fasilitas, kondisi dan spesifikasi tempat tinggal juga ikut menentukan harga. Cari kisaran harga standar di area Anda. Biasanya harga unit yang dikontrakan akan berkisar sekitar 3%-5% dari nilai jualnya. Namun tarif rental jika bisa meningkat jika penyewa merasa sangat tertarik dengan kondisi properti, misal dari sudut pantry, tambahan perabot, juga desain interiornya yang atraktif. Semakin murah harga yang Anda tawarkan, maka semakin menarik bagi para calon penyewa. Biasanya kisaran tarif rental bulanan rumah kontrakan murah untuk kota besar di Indonesia berada di kisaran 800 ribu hingga 1,5 juta Rupiah, untuk kota kecil bisa berada di kisaran 500 ribuan.

Rumah Disewakan Sebagai Investasi

Rumah Disewakan di Indonesia

Memulai bisnis sewa rumah kontrakan tak selamanya harus memiliki properti yang langsung dibeli dengan sistem tunai. Anda bisa memilih jalan lain dengan memakai bantuan sistem kredit kepemilikan hunian (KPR). Carilah lokasi yang dekat dengan fasilitas publik dan sarana transportasi yang memadai. Jika memilih tempat tinggal di area perumahan, pastikan perumahan tersebut dikelola oleh developer terpercaya untuk menjamin area di sekitar tempat tinggal Anda berkembang dengan baik.

Selanjutnya, dengan menyiapkan sejumlah dana untuk uang muka dan beberapa persyaratan kontrak lainnya, Anda dapat mulai untuk mengajukan pinjaman. Jika disetujui, Anda akan mendapat plafon pinjaman dan kemudian menentukan tenor cicilan dan jumlah cicilan per bulan.

Cek kondisi finansial Anda dan sesuaikan dengan bijak terhadap jumlah angsuran yang harus dibayar. Setelah serah terima unit, Anda bisa langsung memulai mempromosikan properti. Dan terakhir, evaluasi apakah pendapatan dari sewa rumah kontrakan Anda dapat menutup cicilan KPR per bulan. Pastikan juga kondisi keuangan Anda tetap sehat selama jangka waktu kredit.

Tanggapan
Jurnal
Hubungi Kami