127381 Hasil ditemukan untuk

Rumah Dijual | Jual Beli Rumah di Indonesia

-
-
Tutup fitur

Pasar Jual Rumah di Indonesia

Rumah Dijual di Indonesia

Pasar jual beli rumah di Indonesia sepertinya jauh dari kata sepi. Meskipun beberapa faktor seperti kondisi perekonomian, politik dan tingkat suku bunga kredit dapat mempengaruhi laju pertumbuhan pasar jual beli hunian, namun tampaknya pasar properti di Indonesia tak sepenuhnya terpengaruh, Hal ini dapat terlihat di beberapa kawasan di Indonesia. Seperti data yang disampaikan oleh Raymond Arfandi, Ketua Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) Sulawesi Selatan yang memperkirakan tahun ini pertumbuhan pasar tempat tinggal di Sulawesi Selatan bakal mencapai 25%, dimana sebagian besar akan didominasi oleh properti tempat tinggal untuk segmen menengah ke atas. Begitu juga yang terjadi di kota Surabaya yang memiliki transaksi rumah dijual paling aktif terjadi pada hunian kelas premium yang memiliki kisaran jual beli di atas Rp 1,5 miliar.

Berbeda lagi dengan pasar rumah dijual di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Menurut data dari Kompas, pameran real estate yang dihelat pada pertengahan Februari 2014, di Jakarta Convention Center mencatat terjadi transaksi yang cukup signifikan pada hunian dijual dengan kisaran harga di bawah 500 jutaan Rupiah.

Dari penjelasan Panangian Simanungkalit, pengamat properti Nasional yang juga Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia, harga jual rumah murah untuk kalangan menengah dan menengah ke bawah serentang 300 hingga 600 juta Rupiah adalah yang paling diminati pasar properti Indonesia, mengingat jumlah masyarakat yang mencari rumah idaman di kalangan ini lebih banyak dibanding masyarakat kelas atas.

Beli Rumah Murah Secara Kredit atau Tunai?

Interior Rumah Dijual

Untuk mendapatkan rumah idaman tidaklah harus membeli dengan tunai, namun banyak alternatif yang bisa dilakukan saat akan membeli tempat tinggal misalnya dengan kredit pemilikan hunian (KPR) lewat bank. Untuk menjawabnya, pastikan untuk melihat dengan jujur kondisi keuangan. Jika Anda punya rasio keuangan yang sehat, punya cadangan dana darurat, pilihan pembelian tunai akan lebih menguntungkan karena harga properti cenderung tumbuh sekitar 15-20% pertahun.

Namun kenyataannya persediaan unit jual perumahan murah masih sangat terbatas, belum banyak developer yang mengembangkan dan memasarkan penjualan kompleks perumahan murah yang terjangkau oleh kaum muda. Selain Jabodetabek, saat ini pembangunan lahan masih terpusat di wilayah utama di Pulau Jawa seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang. Di luar itu kota lain seperti Bali, Medan, Makassar, dan Batam juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Jika dana untuk pembelian tunai belum mencukupi, KPR di bank dapat jadi alternatif. Namun yang perlu dicermati adalah kemampuan finansial dalam membayar cicilan dan uang muka. Selain itu, sangat disarankan jika Anda mempunyai dana darurat sebagai fungsi proteksi terlebih dulu. Kemudian, pastikan keputusan mencicil ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan pengeluaran Anda per bulannya. Jika kemudian hari ada dana lebih, akan lebih baik segera melunasi karena akan mengurangi beban Anda untuk membayar bunganya.

Investasi Jual Beli Unit Perumahan

Daya pikat pasar properti perumahan ternyata bukan hanya menarik minat masyarakat lokal. Kaum ekspatriat yang sudah beberapa lama tinggal di Indonesia pun ada yang tertarik untuk membeli hunian tapak sebagai tempat tinggal atau instrument investasi. Dari beberapa kota di Indonesia, Jakarta, Bali, dan Batam merupakan kawasan favorit yang dipilih eksptriat.

Namun yang menjadi kendala, regulasi pemerintah akan kepemilikan hunian untuk warga asing masih sebatas hak pakai, hak guna usaha, dan hak sewa. Namun beberapa ekspatriat pun dapat memiliki hak milik atas properti yang mereka beli dengan memakai atas nama warga Indonesia, misal dari pasangan atau keluarga. Sistem lain yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan pengatasnamaan dari perusahaan pengelolaan modal asing (PMA).

Tanggapan
Jurnal
Hubungi Kami